Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
26 September 2020
Profil Provinsi Riau
Pilih Provinsi    
​​gedungKBI.jpgBank Indonesia Pekanbaru mulai beroperasi pada tanggal 21 Desember 1964 dengan sebutan Kantor Cabang Bank Indonesia (KCBI) Pekanbaru dan menempati gedung sementara di Jalan Jenderal Sudirman No. 235 Pekanbaru. Setelah gedung permanen di Jalan Jenderal Sudirman No. 464 Pekanbaru selesai dibangun pada tahun 1971, seluruh kegiatan operasional Bank Indonesia pindah ke gedung tersebut hingga sekarang.

Struktur organisasi Kantor Bank Indonesia Pekanbaru telah beberapa kali mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan organisasi Bank Indonesia. Sejak tanggal 1 April tahun 1986 status Kantor Cabang Bank Indonesia Pekanbaru masuk dalam kelompok kantor cabang kelas III, yang diikuti dengan perubahan sebutan Kuasa Kas/Pemegang Buku menjadi Kepala Seksi. Selanjutnya sejak tanggal 5 Juni 1996, sejalan dengan Penyempurnaan Organisasi Kantor Bank Indonesia (POKBI) sebutan Kantor Cabang Bank Indonesia Pekanbaru berubah menjadi Kantor Bank Indonesia (KBI) Pekanbaru, dan dengan status tetap sebagai Kelas III.

Kantor Bank Indonesia Pekanbaru dipimpin oleh seorang Pemimpin Bank Indonesia (PBI). Organisasi Kantor Bank Indonesia Pekanbaru terdiri dari 2 bidang yaitu :

1. Bidang Ekonomi Moneter dan Perbankan, membidangi 3 (tiga) seksi yaitu :
  • Seksi Statistik dan Kajian Ekonomi Moneter (SKEM)
  • Seksi Pelaksanaan Kebijakan Ekonomi Moneter (PKM)
  • Tim Pengawasan Bank (TPB)
2. Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern (SPMI)
  • ​Seksi Kas dan Pengedaran
  • Seksi Akunting dan Kliring
  • Seksi Sumber Daya Manusia
Show Left Panel