Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
29 Januari 2020
Profil Provinsi Nusa Tenggara Timur
Pilih Provinsi    
​KBI Kupang beroperasi di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada dalam koordinasi KBI Surabaya. Provinsi NTT terdri dari wilayah kepulauan  yang notabene mengalami hambatan dalam hal transportasi. Terdapat 16 (enam belas) kota kabupaten yang tersebar di 6 (enam) pulau besar di wilayah NTT diantaranya adalah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Kabupaten  Belu, Kabupaten Alor, Kabupaten Flotim, Kabupaten Sikka, Kabupaten Ende, Kabupaten Ngada, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Lembata dan Kabupaten Rote Ndao. Sementara itu keenam pulau besar tersebut adalah Pulau Timor, Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Alor, Pulau Sabu dan Pulau Rote.

KBI Kupang memiliki tugas untuk mengcover  seluruh kepulauan tersebut dalam rangka mendukung tujuan Bank Indonesia yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 3 tahun 2004 tentang Perubahan atas UU RI. Nomor 23 tahun 1999.

Di dalam wilayah kerja KBI Kupang terdapat 1 (satu) Bank Umum yang berkantor pusat di Kupang, 7 (tujuh) Bank Umum yang berkantor pusat di luar Kupang dan 1 (satu) kantor kas Bank Umum yang berkantor pusat di luar Kupang. Bank Umum yang berkantor pusat di Kupang adalah PT Bank NTT. Bank Umum yang berkantor pusat di luar Kupang adalah Bank Mandiri, bank Negara Indonesia, Bank Bukopin, Bank Central Asia, Bank International Indonesia, Bank Danamon dan Bank Rakyat Indonesia. Sedangkan kantor kas Bank Umum yang berkantor pusat di luar Kupang adalah Bank Tabungan Negara yang berinduk pada kantor cabang di Denpasar. Secara keseluruhan terdapat 135 kantor bank baik dengan status kantor pusat, kantor kas maupun kantor cabang, serta 4 (empat) kantor BPR. Jumlah tersebut tersebar di 16 kota kabupaten yang secara geografis letaknya terpisahkan dalam pulau-pulau. Dari jumlah perbankan di NTT tidak terlalu menyulitkan untuk ditangani, tetapi kondisi geografis dan umumnya sarana transportasi serta kondisi cuaca seringkali merupakan kendala bagi Kantor Bank Indonesia Kupang untuk menjalankan tugasnya.

Di dalam membagi ke dalam beberapa seksi tersebut, KBI mengacu pada tugas pokok Bank Indonesia yang tercantum dalam UU No. 23 tahun 1999 sebagaimana telah di ubah dengan UU No. 3 tahun 2004 pasal 8 (delapan), yaitu :
  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. Sesuai dengan tugas pokok ini dibentuklah Seksi Statistik dan Kajian Ekonomi Moneter (SKEM) dan Seksi Pelaksana Kebijakan Moneter (PKM)
  2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayara. Sesuai dengan tugas pokok ini dibentuklah Seksi Kas dan Pengedaran serta Seksi Akunting dan Kliring.
  3. Mengatur dan mengawasi bank. Sesuai dengan tugas pokok ini dibentuklah Seksi / Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Bank (TPB).
 
Show Left Panel