Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
26 Januari 2020
Profil Provinsi Nusa Tenggara Barat
Pilih Provinsi    
​Potensi Wisata

1. Senggigi
Senggigi yang berjarak 15 kilometer (km) dari Mataram, merupakan salah satu obyek wisata yang paling terkenal di NTB dengan panorama pantai berpasir putih dikaki perbukitan dan didukung dengan berbagai sarana seperti hotel, restoran dan  pusat perbelanjaan kerajinan khas NTB, menjadikan daerah ini tidak pernah sepi dari pengunjung baik wisatawan  asing maupun domestik.

2. Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan
Merupakan 3 gugusan pulau kecil yang saling berdekatan dengan pantai pasir putih dan dikelilingi oleh taman laut yang sangat menawan yang merupakan habitat jenis karang biru (di dunia hanya ada 2 yang satunya lagi di laut Karibia). Di pulau-pulau ini juga telah tersedia sarana dan prasarana pelayanan wisata yang cukup memadai. Untuk mencapai pulau-pulau ini dapat ditempuh melalui penyeberangan sekitar 10 s/d 20 menit dari Bangsal Pemenang (30 km dari Mataram), atau langsung dari Senggigi dengan tarif yang sedikit lebih mahal.

3. Taman Narmada
Taman ini dibangun pada awal abad ke 19 oleh Raja Anak Agung Gde Karang Asem dari Mataram karena telah memasuki usia senja sehingga sulit untuk melaksanakan upacara keagamaan yang biasanya dilakukan di Gunung Rinjani, sehingga dibangun miniatur tempat upacara pengganti di Narmada yang berjarak 9 km dari Mataram. Tempat ini terdiri dari pura suci dan ada sumber mata air suci yang jika digunakan dengan persyaratan tertentu dapat membuat diri menjadi awet muda. Tempat  ini  juga  dilengkapi  dengan  3   kolam  masing-masing  1  untuk upacara, 1 tempat pemandian dan 1 lagi tempat bermain. 

4. Pantai Kuta 
Pantai Kuta terkenal dengan pantai Putri Nyale. Di tempat ini pada tiap bulan ke 10 menurut kalender Sasak (antara Februari - Maret kalender Masehi) diadakan upacara Bau Nyale atau menangkap Nyale (sejenis cacing laut)  sebagai cerminan kepercayaan penduduk terhadap legenda Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut untuk menyelesaikan permasalahannya. Pantai ini dapat ditempuh melalui jalan darat  sekitar  1 jam atau 55 km dari Mataram.

5. Otak Koko Gading
Tempat ini terkenal dengan air terjun kecil yang airnya  mengalir dari bawah akar beberapa pohon besar. Menurut kepercayaan penduduk setempat, air tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, sehingga dikenal dengan “air sehat”. Berjarak sekitar 57 km dari Mataram.

6. Sesaot
Merupakan sungai yang memiliki aliran air yang cukup deras dengan dasar bebatuan yang cukup besar dan dikelilingi  pemandangan hutan yang masih alami, berjarak sekitar 30 km dari Mataram.

7. Gunung Rinjani
Merupakan gunung tertinggi ke dua (3.726 m) di Indonesia. Pada ketinggian 2.000 m, terdapat danau Segara Anak  yang ditengahnya terdapat gunung berapi  “Barujadi” yang masih aktif  dengan  sumber mata air panasnya. Sungguh akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi siapapun yang pernah berkunjung ke tempat ini, sayangnya sampai sekarang belum tersedia sarana dan prasarana yang memadai untuk  berkunjung kesana. Untuk mencapai tempat tersebut dapat dilalui dari  desa Sembalun - Lombok Timur (sekitar 70 km dari Mataram), kemudian  harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar dengan waktu tempuh sekitar 8 jam.

8. Air terjun Sendang Gile
Berjarak sekitar  60 km dari Mataram, merupakan air terjun yang sangat  indah yang mengalir turun bertingkat -tingkat dari atas gunung, Untuk ketempat ini  diperlukan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan roda empat, kemudian kita harus berjalan kaki menuruni jalan setapak sekitar 15 menit. 

9. Obyek Wisata Lainnya 
Pulau Moyo di Sumbawa yang pernah dikunjungi mendiang Lady Diana dan Pangeran Charles dari Inggris, dan pulau Bungin yang sangat unik dengan kategori pulau berpenduduk terpadat di dunia dengan luas daratan yang terbatas namun dihuni ribuan jiwa yang mayoritas nelayan dan tak ada tanah kosong lagi untuk  membangun rumah, meskipun daratan yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari pulau tersebut  justru sangat jarang penduduknya.

Potensi Kerajinan
Belum lengkap rasanya berkunjung ke NTB tanpa membawa oleh-oleh berupa hasil kerajinan utama penduduk NTB  antara lain :

1. Mutiara
NTB merupakan salah satu sentra produksi mutiara di Indonesia, berbagai bentuk perhiasan mutiara terdapat di NTB dengan harga relatif murah. Pusat penjualan perhiasan mutiara terutama di desa “Sekarbella”, 3 km dari pusat kota Mataram.    

2. Kerajinan kain tenun anyaman 
Hasil kerajinan ini dapat diperoleh di sentra pemasarannya seperti di sekitar pasar “sweta” dan “Cakranegara” di pusat kota Mataram maupun di sentra produksinya di Sayang-Sayang.

3. Kerajinan dari kayu 
Merupakan kerajinan dalam berbagai bentuk hiasan/patung/perabotan dengan relief dan garis-garis yang dibentuk dari potongan kulit kerang berbentuk segi tiga (cukli). Dapat diperoleh di sentra produksinya terutama di desa “Sayang-Sayang”, hanya 3 km dari kota Mataram maupun di sepanjang jalan menuju ke Senggigi

4. Gerabah 
Gerabah merupakan bentuk kerajinan dari tanah liat, terutama berbentuk guci dan berbagai bentuk hiasan lainnya. Konon gerabah ini merupakan kerajinan yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Hasil kerajinan ini dapat diperoleh di sentra produksinya terutama di Banyumulek sekitar 10 km dari Mataram dan dapat ditemui juga di sepanjang jalan arah ke Senggigi.
 
Show Left Panel