Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
29 Januari 2020
Profil Provinsi Maluku Utara
Pilih Provinsi    
Kantor Bank Indonesia Ternate

Sejak tanggal 29 Juli 1976 Kantor Bank Indonesia mulai beroperasi dengan nama Kantor Kas Bank Indonesia yang beralamat di Jalan Pahlawan Revolusi Ternate, menggunakan gedung milik Willem Theo yang disewa kontrakkan kepada Bank Indonesia.  Pada waktu itu Bank Indonesia sebenarnya sudah menyiapkan lahan/tanah milik Bank Indonesia untuk keperluan pembangunan gedung kantor, perumahan dinas dan tungku pembakaran. Tanah untuk gedung kantor terletak di lingkungan B III (Maliaro) seluas 8702 meter per segi (ex Eigendom Verponding No. 447 seluas 1742 meter per segi dan ex Eigendom Verponding No. 446 seluas 6960 meter per segi), tanah untuk perumahan dinas terletak di lingkungan Letter B II seluas 9400 meter per segi (sertifikat No. 3249040), sedangkan tungku pembakaran uang berada di luar kota di Kampung Fitu seluas 660 meter per segi (sertifikat No. 3249127).  Wilayah kerja Kantor Kas Bank Indonesia meliputi Kabupaten/Dati II Maluku Utara dengan Ibukota Ternate (di Pulau Ternate) dan kabupaten/Daerah Administratif Halmahera Tengah dengan Ibukota Soasio (di Pulau Tidore).

Pada tanggal 1 Juli 1980 mulai dibangun gedung Bank Indonesia Ternate yang dilaksanakan oleh PT. Mahoni Harapan (Jakarta) dan selesai pada Tanggal 15 Januari 1983 dan pada tanggal yang sama gedung Kantor Cabang Bank Indonesia  Ternate yang beralamat di Jalan Jos Sudarso No.1 sudah mulai ditempati, yang diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Bapak Rachmat Saleh pada tanggal 5 Maret 1983.

Nama-Nama Pemimpin Bank Indonesia Ternate Periode Tahun 1976 s.d. Sekarang

PERIODE NAMA JABATAN
1976 – 1979   R. Muh. Komar  Pemimpin Kantor Kas
1979 – 1984   Srie Slamet Pemimpin Cabang
1984 – 1986   Nur Sudibyo Pemimpin Cabang
1986 – 1988   R.D.J Makatita Pemimpin Cabang
1988 – 1990   Haswandi S Effendi Pemimpin Cabang
1990 – 1993   Hadi Hassim Pemimpin Cabang
1993 – 1997   Suyanto Pemimpin Cabang
1997 – 1999   Sunaryo Pemimpin Cabang
1999 – 2001   Tri Selo  PBI
2001 – 2004   M.Abdul Fadlil PBI
2004 – 2006   Sehono PBI
2006  sekarang Endih Santosa PBI

VISI
Mewujudkan Kantor Bank Indonesia yang dapat dipercaya melalui peningkatan perannya sebagai economic intelligence dan unit penelitian

MISI
Berperan aktif dalam pelaksanaan kebijakan Bank Indonesia dalam ,mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah melalui pelaksanaan kegiatan operasional di bidang ekonomi, moneter, perbankan, sistem pembayaran secara efektif dan efisien dan peningkatan kajian ekonomi regional serta koordinasi dengan pemerintah daerah serta lembaga terkait.

SASARAN STRATEGIS
Adapun sasaran strategis yang hendak di capai oleh KBI Ternate adalah:

  1. Informasi yang berkualitas dalam rangka mendukung kebijakan Kantor Pusat dan pengembangan ekonomi di wilayah kerja.
  2. Peningkatan sistem perbankan yang sehat dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi daerah.
  3. Kelancaran dan keamanan sistem pembayaran di wilayah kerja.
  4. Pengelolaan keuangan satker secara efektif dan efisien.
  5. Mengoptimalkan kajian dan penyediaan informasi ekonomi di wilayah kerja.
  6. Meningkatkan pengawasan bank yang efektif yang mendukung pengembangan ekonomi di wilayah kerja.
  7. Meningkatkan pelayanan dan prasarana sistem pembayaran.
  8. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama yang efektif kepada stakeholder.
  9. Mendukung penerapan prinsip-prinsip Good Governance.
  10. Memperkuat organisasi dan mengembangkan SDM yang berkompetensi tinggi dengan dukungan budaya kerja yang berbasis pengetahuan.

TUGAS DAN PRODUK POKOK

Kebijakan Moneter

Tugas Pokok:

  1. Melakukan pengkajian ekonomi moneter dan perbankan pada wilayah koordinasi dan atau Dati I dalam rangka pemberian masukan kepada PEMDA untuk pengembangan perekonomian daerah.
  2. Melaksanakan kebijakan moneter pada wilayah kerja dalam rangka pengembangan usaha kecil.
  3. Melakukan penyediaan informasi statistik ekonomi, moneter & perbankan di wilayah kerja Dati I secara lengkap, akurat, kini dan utuh.

Produk Pokok:

  1. Pemberian masukan kepada PEMDA
  2. Pemberian bantuan teknis
  3. Penyediaan data statistik ekonomi keuangan daerah

Sistem Pembayaran

Tugas Pokok:

  1. Melakukan pengelolaan kas dan clean money policy di wilayah kerja dan atau wilayah koordinasi dalam rangka memperlancar lalu-lintas pembayaran dan meningkatkan efektifitas pelaksanaan clean money policy.
  2. Melakukan pendistribusian uang kartal di wilayah kerja dan atau wilayah koordinasi yang sesuai dengan kebutuhan serta sejalan dengan kebijakan Kantor Pusat.
  3. Menyelen​ggarakan pertemuan kliring antar bank serta memantau dan membina penyelenggaraan kliring oleh bank lain yang ditunjuk pada wilayah kerja.
  4. Melakukan transaksi keuangan untuk kepentingan pemerintah, nasabah, dan pegawai.

Produk Pokok:

  1. Melakukan penyetoran, pembayaran, penukaran dan pendistribusian uang.
  2. Rencana kebutuhan kas.
  3. Laporan berkala posisi, mutasi UK/UL dan kegiatan pengedaran uang.
  4. Rekapitulasi kliring penyerahan & retur.
  5. Laporan pembinaan penyelenggaraan kliring.
  6. Laporan keuangan.
 
Show Left Panel