Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
26 Januari 2020
Profil Provinsi Kepulauan Riau
Pilih Provinsi    
Potensi Daerah Batam

Pemerintah Kota Batam yang terdiri dari 186 buah pulau merupakan perluasan wilayah yang dibentuk berdasarkan Keppres No.28 tahun 1992. Perluasan wilayah dimaksud bertujuan untuk meningkatkan usaha kegiatan perdagangan dan produksi dengan orientasi ekspor.

Konsep pengembangan Batam sebagai daerah industri pada dasarnya mengandalkan letak geografis yang strategis dengan negara tetangga yakni Singapura yang merupakan salah satu kawasan lintas pelayaran tersibuk di dunia. Dengan potensi yang ada, sejak awal pengembangan Batam diarahkan pada sektor industri pengolahan, alih kapal, penumpukan logistic serta pariwisata. Sedangkan sektor pertanian tampaknya tidak dijadikan prioritas untuk dikembangkan. Dampak dari kebijakan tersebut, dalam memenuhi konsumsi rumah tangga atas beberapa produk pertanian maka kebutuhannya didatangkan dari daerah lain, sehingga memicu kenaikan harga yang cukup signifikan, pada akhirnya berdampak pada daya beli masyarakat.
 
Dengan kondisi sumber daya alam yang terbatas, pengembangan Pulau Batam sebagai daerah industri, semestinya memperhatikan lingkungan hidup dan keterbatasan daya dukung alam. Untuk itu, dalam rencana umum tata ruang daerah industri Pulau Batam ditetapkan sebesar 62,7% lahan dicadangkan sebagai kawasan hijau dan sisanya dipergunakan sebagai kawasan pengembangan industri, perumahan, serta infrastruktur lainnya.

Infrastruktur memegang peranan yang menentukan bagi pengembangan perekonomian dan pembangunan kawasan. Sebagai kawasan yang berada pada posisi strategis diharapkan mampu menjadi salah satu titik pertumbuhan perekonomian, prasarana dan sarana yang dibutuhkan terus mendapat perhatian dari pemerintah. Sampai dengan saat ini, panjang jalan yang telah dibangun tercatat sepanjang 1.079,5 km, jembatan tercatat sebanyak 20 buah dengan rincian 2 jembatan besi, 7 jembatan beton dan 11 jembatan kayu.

Pelabuhan laut yang merupakan salah satu sarana lalu lintas angkutan barang maupun penumpang terdapat di beberapa lokasi, yaitu: Sekupang, Batu Ampar, Telaga Punggur dan Pantai Marina, dan Batam Center. Sedangkan angkatan udara, Hang Nadim International Airport yang diresmikan Presiden Republik Indonesia sejak Mei 1995 dan pada tanggal 11 Desember 1995 untuk penerbangan internasional selain melayani jasa angkutan penumpang, Bandar udara ini juga melayani jasa angkutan kargo. Disamping itu, Bandara Hang Nadim juga merupakan pelabuhan udara yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia.
Show Left Panel