Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 Januari 2020
Profil Provinsi Kalimantan Tengah
Pilih Provinsi    
Danau Tahai. 
tahai.jpg
Obyek wisata Danau Tahai terletak di desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, berjarak sekitar 29 Km dari Pusat Kota Palangka Raya. Untuk mencapai ke lokasi sangat mudah, yaitu hanya memakan waktu ± 30 Menit baik dengan menggunakan Kendaraan Roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan kondisi jalan aspal yang cukup bagus.
 




Bukit Tangkiling
tangkiling.jpg
Obyek wisata ini berjarak sekitar ± 34 Km dari Pusat Kota Palangka Raya, dengan waktu tempuh kira - kira 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan melewati jalan aspal dan untuk mencapai ke puncak bukit dengan melewati jalan setapak.
Lokasi obyek wisata ini secara geografis Terletak secara geografis terletak di Kelurahan Banturung dan Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu. 
Luas keseluruhan kawasan wisata ini adalah 2.594 Ha, dengan rincian sebagai berikut : Cagar Alam seluas 2.061 Ha dan Taman Wisata Alam seluas 533 Ha.

Arboretum
arboretum.jpg
Tidak jauh dari lokasi Danau Tahai, di kawasan “Nyaru Menteng“ terdapat obyek wisata lain yang tidak kalah menariknya yaitu obyek wisata Arboretum yaitu taman hutan percontohan. Merupakan hutan lindung dan langka di tepi Danau Tahai.  Obyek wisata ini berjarak sekitar 29 Km dari pusat Kota Palangka Raya, dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan kondisi jalan beraspal yang masih bagus.
Di lokasi Taman Arboretum ini tumbuh berbagai jenis pepohonan, seperti geronggang, meranti, cemara, madang tampang, mahang, kamisi ( jambu - jambuan, rambangun, kahui ( balangiran ) dan sebagainya. Kawasan ini selain sebagai tempat wisata juga digunakan sebagai obyek penelitian flora. 
Di lokasi Arboretum ini terdapat Klinik Orang Hutan, yaitu tempat pengobatan/perawatan orang hutan yang sakit. Walaupun tidak semua orang bisa masuk ke dalam areal Klinik Orang Hutan ini, namun untuk pengunjung disediakan tempat khusus untuk melihat orang hutan yang relatif sudah sehat.  Hal ini tentu akan menambah daya tarik obyek wisata ini. 

Taman Nasional Tanjung Putting
peta1.jpg
Taman Nasional Tanjung Puting merupakan kawasan pelestarian alam yang sangat penting artinya untuk melindungi flora dan fauna khas dan endemik di Pulau Kalimantan. Pada awalnya terdiri dari Cagar Alam Kotawaringin dan Suaka Margasatwa Sampit dengan luas total 305.000 ha. Namun semenjak tahun 1996 taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya Kalimantan Tengah ini bertambah luasnya menjadi 415.040 hektar.

Secara geografis terletak antara 2° 35'- 3° 20' Lintang Selatan dan 111° 50'- 112° 15' Bujur Timur dan meliputi wilayah Kecamatan Kumai, Kecamatan Hanau di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kecamatan Pambuang Hulu, Kecamatan Sebuluh dan Kecamatan Seruyan Hilir di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kawasan ini dibatasi oleh anak Sungai Kumai, Sungai Sekonyer di sebalah utara, Sungai Seruyan di sebaelah timur dan pantai Laut Jawa di sebelah selatan dan barat.
Tanjung Puting beserta beberapa taman nasional lain di Kalimantan, merupakan benteng terakhir dalam penyelamatan satwa dan tumbuhan asli Kalimantan yang terancam kepunahan akibat berarnya desakan hidup manusia.  
Show Left Panel