Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Kalimantan Tengah Mei 2018​​​​​​​​ - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
23 Januari 2020

Pertumbuhan Ekonomi Regional
Kinerja perekonomian Kalimantan Tengah pada triwulan I 2018 mengalami perlambatan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang dipengaruhi oleh turunnya kinerja sektor pertambangan dan sektor pertanian. Sementara itu, di sisi permintaan konsumsi pemerintah mengalami perlambatan menahan laju pertumbuhan. Meskipun demikian, perekonomian Kalimantan Tengah tetap tumbuh positif ditopang oleh peningkatan kinerja konsumsi rumah tangga dan investasi.

Ekonomi Kalimantan Tengah triwulan II 2018 diperkirakan akan mengalami peningkatan didukung oleh perbaikan kinerja ekspor dan peningkatan konsumsi rumah tangga menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Perkembangan Keuangan Daerah
Realisasi pendapatan pemerintah daerah Kalimantan Tengah pada triwulan I 2018 mengalami penurunan disebabkan oleh adanya keterlambatan transfer anggaran ke daerah.

Di sisi lain, realisasi belanja pemerintah daerah mengalami peningkatan didorong oleh adanya peningkatan komponen belanja operasi dan belanja tak terduga khususnya sebagian besar kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Perkembangan Inflasi Daerah
Tekanan inflasi di Kalimantan Tengah turun pada triwulan I 2018 dipengaruhi oleh menurunnya tekanan harga pada kelompok administered prices dan volatile foods. Penurunan ini sebagai dampak dari normalisasi permintaan paska perayaan hari Natal dan Tahun Baru.

Memasuki triwulan II 2018, tekanan inflasi Kalimantan Tengah diperkirakan akan meningkat dampak dari peningkatan permintaan bahan pangan dan angkutan udara pada momen bulan Ramadhan dan periode libur Lebaran.

Stabilitas Sistem Keuangan Daerah
Kinerja perbankan mengalami perlambatan pada triwulan I 2018 dibandingkan triwulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari penurunan total aset perbankan di wilayah Kalimantan Tengah seiring dengan perlambatan pertumbuhan DPK dan kredit kepada sektor korporasi. Penyaluran kredit kepada sektor rumah tangga menunjukkan peningkatan dari triwulan sebelumnya seiring dengan perbaikan kinerja konsumsi rumah tangga pada triwulan I 2018. Ketahanan perbankan di wilayah Kalimantan Tengah terjaga di level yang baik seiring dengan perbaikan kredit bermasalah dari triwulan sebelumnya. Rasio NPL terjaga pada tingkat yang rendah dengan tren menurun.

Di sisi lain, peran perbankan dalam pembiayaan UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah telah melampaui ketentuan minimal 20% dari total kredit perbankan Kalimantan Tengah.

Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah
Jumlah transaksi pembayaran non tunai triwulan I 2018 melalui kliring meningkat dibandingkan triwulan IV 2017.

Aliran uang di provinsi Kalimantan Tengah masih melanjutkan tren net outflow pada triwulan I 2018 dengan tren menurun dampak dari masih rendahnya realisasi transaksi keuangan pemerintah dan normalisasi pola konsumsi masyarakat paska perayaan hari raya Natal dan liburan Tahun Baru.

Temuan uang palsu pada triwulan I 2018 mengalami penurunan dari triwulan sebelumnya.

Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan
Kondisi ketenagakerjaan Kalimantan Tengah sampai dengan Februari 2018 tergolong stabil yang tercermin dari stabilnya angka Tingkat Pengangguran Terbuka dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Di sisi lain, terjadi perbaikan angka kemiskinan Kalimantan Tengah pada September 2017 dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Prospek Perekonomian Daerah
Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah pada tahun 2018 diperkirakan akan membaik di kisaran 5,40% hingga 5,80% (yoy). Sedangkan Inflasi Kalimantan Tengah di tahun 2018 diperkirakan akan berada pada rentang 3,0% hingga 3,4% (yoy) dengan kecenderungan menuju batas bawah.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel