Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
30 November 2020
Profil Provinsi Kalimantan Selatan
Pilih Provinsi    
​1. Pasar Terapung
pasarApung.jpg 
 
Kegiatan pasar tradisional khas Banjar yang merupakan tempat transaksi jual beli hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan dengan masyarakat maupun pedagang eceran lainnya yang berlokasi di Kecamatan Alalak Kotamadya Banjarmasin. Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari mulai pukul 05.00 s.d 07.00 Wita. 

2. Penggosokan Intan
pendulangEmas.jpg 
 
Terletak di Kecamatan Cempaka, Kabupaten Banjar, yang merupakan kegiatan para pendulang dan penggosok intan secara tradisional, di lokasi ini pernah ditemukan intan terbesar di Indonesia dan intan tersebut oleh Presiden Pertama RI diberi nama Intan Trisakti.

3. Jembatan Barito
barito.jpg 
 
Merupakan salah satu jembatan terpanjang (± 1 km) di Asia Tenggara yang melintasi Sungai Barito yang menghubungkan antara Kabupaten Barito Kuala (Kalsel) dengan Kabupaten Kapuas (Kalteng).

4. Proyek Pengembangan Penggosokan Intan (P3I)
Merupakan unit usaha KOPEBI Banjarmasin, yang berfungsi sebagai pusat pelatihan bagi pengrajin intan tradisional, ruang pamer dan pusat penjualan intan Martapura.

5. Air Terjun Loksado
Merupakan obyek wisata yang terletak di kaki pegunungan Meratus dengan situasi alam yang masih perawan. Selain itu, terdapat kehidupan asli Dayak Meratus yang masih tradisional. Obyek terletak di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan ibukota di Kandangan (Sekitar 4 jam perjalanan dari Banjarmasin).

6.Bendungan Riam Kanan
Merupakan obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Banjar. Terdapat rumah peristirahatan Tambel (eks-tempat tinggal pekerja pembuatan bendungan yang berasal dari Jepang). Selain itu, terdapat hutan pinus yang masih asli dan komplek pemancingan ikan yang dikelola PT PLN Wilayah VI.

7. Bekantan
bekantan.jpg 
 
Adalah hewan yang spesifik dari Kalimantan Selatan. Hewan ini merupakan salah satu spesies kera yang dilindungi mengingat populasinya yang kian sedikit. 
 
Show Left Panel