Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
09 Desember 2019
Profil Provinsi Kalimantan Selatan
Pilih Provinsi    
​Luas Kalimantan Selatan adalah 37.530 km2 atau hanya 6,98% dari luas Kalimantan secara keseluruhan dan terdiri dari dua kota dan sebelas kabupaten dengan jumlah penduduk 3.142 ribu jiwa.

map.jpgKalimantan Selatan mendapat julukan Seribu Sungai karena daerah ini pada umumnya dialiri oleh sungai dan masih banyak penduduk yang menggantungkan hidupnya dari sungai. Sungai yang mengalir di provinsi ini berjumlah 62 sungai. Pada umumnya sungai-sungai tersebut berpangkal di pegunungan Meratus dan bermuara di laut Jawa.

Budaya atau tradisi penduduk asli Kalimantan Selatan dikenal dengan tradisi “Urang Banjar”. Ahli sejarah menyimpulkan bahwa budaya Urang Banjar merupakan perpaduan antara suku Dayak, suku Melayu dan suku Jawa.
Selain itu, ajaran Islam yang dibawa oleh pedagang Arab dan Persia telah banyak mempengaruhi perkembangan kebudayaan Urang Banjar yang tercermin dari tarian, musik, permainan, pakaian, dan upacara adat.

Semboyan atau moto daerah adalah “Waja sampai Kaputing” yang berarti tetap kuat/bersemangat seperti baja (waja) dari awal sampai akhir (sampai kaputing). 
Show Left Panel