​Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Kalimantan Selatan November 2017 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
23 Januari 2020

​Perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan III- 2017 tumbuh sebesar 6,44% (yoy), meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,03% (yoy). Pada sisi permintaan, peningkatan pertumbuhan ekonomi bersumber dari peningkatan konsumsi pemerintah dan investasi. Peningkatan pertumbuhan konsumsi pemerintah utamanya didorong oleh adanya dropping gaji ke-13 yag tertunda pada triwulan sebelumnya dan tidak adanya tekanan fiskal seperti periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu peningkatan investasi didorong oleh investasi bangunan baik pemerintah maupun swasta. Di sisi lain, konsumsi rumah tangga (RT) dan ekspor tumbuh melambat.

Dari sisi penawaran, peningkatan pertumbuhan ekonomi didorong oleh meningkatnya pertumbuhan sektor pertanian, pertambangan, industri pengolahan, listrik, gas dan air (LGA), konstruksi dan jasa lainnya. Masuknya masa panen padi lokal serta perbaikan kondisi cuaca mendorong produksi tabama dan kelapa sawit. Kondisi harga yang masih cukup baik mendorong produksi karet. Meningkatnya produksi kelapa sawit dan karet mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan. Kinerja sektor batubara masih bertahan baik didukung realisasi harga yang lebih baik. Berlanjutnya pembangunan infrastruktur pemerintah dan listrik mendorong pertumbuhan sektor konstruksi dan LGA.

Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan pada triwulan I-2018 diprakirakan tumbuh meningkat ditopang oleh peningkatan konsumsi RT, investasi, dan ekspor. Peningkatan konsumsi RT selain didukung prakiraan harga komoditas yang masih terjaga juga didorong oleh adanya sejumlah peringatan keagamaan yang diadakan pada awal tahun seperti Haul Guru Sekumpul. Peningkatan investasi masih didominasi oleh investasi swasta mengacu kepada prospek harga komoditas.

Inflasi IHK Kalimantan Selatan pada triwulan I-2018 akan menurun seiring dengan terjaganya pasokan dan lancarnya distribusi barang di tengah meredanya musim penghujan.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel