Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
11 Juli 2020
Profil Provinsi Jawa Timur
Pilih Provinsi    
​I. Sejarah Kantor Bank Indonesia Surabaya
Secara de jure Bank Indonesia Surabaya lahir bersamaan dengan diberlakukannya UU No.11 tahun 1953 tentang Undang-undang Pokok Bank Indonesia pada tanggal 1 Juli 1953. Secara historis keberadaan KBI Surabaya dapat diruntut sejak jaman Hindia Belanda yaitu pada saat masih bernama De Javasche Bank Agentschap Soerabaja. Pada tahun 1928 Direksi De Javasche Bank membentuk “Komisi Surabaya” yang ditugaskan untuk mengkaji mengenai kemungkinan pendirian Kantor Cabang Surabaya dan pada tanggal 14 September 1829 De Javasche Bank Surabaya didirikan.

Sejak awal pendirian kantor cabang Surabaya menempati gedung dengan status sewa. Baru pada tahun 1912 memiliki gedung sendiri di Jl. Garuda Surabaya. Kepemilikan kantor cabang Surabaya pernah dikuasai oleh Pemerintah Kolonial Jepang pada tahun 1942. Namun setelah tentara sekutu berkuasa kembali, De Javasche Bank dapat beroperasi kembali tanggal 6 April 1946. Selama beberapa tahun sejak dinasionalisasi Bank Indonesia Surabaya masih menempati kantor De Javasche Bank di Jl.Garuda. Baru pada tahun 1973 KBI Surabaya menempati gedung baru di Jl.Pahlawan 105 Surabaya.

II. Organisasi Kantor Bank Indonesia Surabaya

Kantor Bank Indonesia Surabaya dipimpin oleh seorang Pemimpin Bank Indonesia (PBI) dibantu oleh seorang Koordinator Bidang (Korbid) dan seorang Pengawas Bank Eksekutif Senior (PBES). Secara garis besar organisasi di Kantor Bank Indonesia Surabaya terdiri dari 4 bidang yaitu :

1. Bidang Ekonomi dan Moneter, membidangi 3 (tiga) seksi yaitu :
    a. Seksi Kajian Ekonomi dan Moneter (KEM)
    b. Seksi Pelaksanaan Kebijakan Moneter (PKM)
    c. Seksi Statistik Ekonomi dan Moneter (SEM)

2. Bidang Perbankan, membidangi tim pengawasan bank :
    a. Tim Pengawasan Bank Umum
    b. Tim Pengawasan Bank Perkreditan Rakyat
    c. Seksi Administrasi Bank (AdB)

3. Bidang Sistem Pembayaran, membidangi 4 (empat) seksi :
    a. Seksi Kas
    b. Seksi Pengedaran
    c. Seksi Akunting
    d. Seksi Kliring

4. Bidang Manajemen Intern, membidangi 3 (tiga) seksi yaitu :
    a. Seksi Logistik
    b. Seksi Sumber Daya Manusia
    c. Seksi Sekretariat, Komunikasi dan Pengamanan (SKP)

III. Wilayah Kerja Bank Indonesia Surabaya

Wilayah kerja Kantor Bank Indonesia Surabaya meliputi Kabupaten/Kota : Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madura, 
Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto dan. Jombang. Sedangkan sebagai Kantor Koordinator, Wilayah Kerja Kantor Bank Indonesia Surabaya meliputi : Jawa Timur (KBI Malang, KBI Kediri dan KBI Jember), Bali ( KBI Denpasar) dan Nusa Tenggara (KBI Mataram dan KBI Kupang).
 
Show Left Panel