Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
16 Januari 2019
Profil Provinsi Jawa Timur
Pilih Provinsi    
JatimMap.gif 
 
Propinsi Jawa Timur terletak pada 111.0’ hingga 114.4’ Bujur Timur dan 7.12’ hingga 8.48’ Lintang Selatan. Luas wilayahnya mencakup 46.712,80 km2 yang terbagi dalam 38 pemerintahan tingkat II yaitu 29 kabupaten dan 9 kotamadya. Masing-masing daerah tersebut dibagi ke dalam wilayah kecamatan dan desa/kelurahan yang terdiri dari 615 kecamatan dan 8.413 desa/kelurahan.

Wilayah ini sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Timur dengan Selat Bali, sebelah Selatan dengan Samudera Indonesia dan sebelah Barat dengan Propinsi Jawa Tengah. Jumlah Penduduk Jawa Timur sebanyak 37.070.731 jiwa (Data BPS Prop Jatim 2005) dengan kepadatan penduduk 794 jiwa per kilometer persegi. Sementara itu, tingkat pertumbuhan penduduk Jawa Timur sebesar 1,09 % per tahun.

Surabaya sebagai Ibukota Propinsi Jawa Timur merupakan kota yang letaknya paling rendah, yaitu sekitar 2 meter di atas permukaan laut. Sementara itu kota yang letaknya paling tinggi dari permukaan laut adalah Malang dengan ketinggian 445 m di atas permukaan laut. Suhu udara kota-kota di Jawa Timur sangat bervariasi, mengingat wilayah ini banyak terdapat pegunungan. Di bagian dekat pantai suhu maksimum dapat mencapai 36' - 37' C pada siang hari, sedang suhu minimum sekitar 22' C pada malam hari. Di daerah pegunungan dapat mencapai 25' C pada siang hari, dan 19' C pada malam hari. Suhu yang lebih rendah dari 15' C idak dijumpai di daerah Jawa Timur. Temperatur terendah umumnya terjadi pada bulan Juni, sedangkan temperatur tertinggi umumnya terjadi pada bulan Oktober.

Kondisi topografi di wilayah Propinsi Jawa Timur sangat bervariasi, namun secara umum lebih banyak didominasi oleh adanya topografi pegunungan. Hal ini mengingat Jawa Timur merupakan lintasan pegunungan Selatan, dengan elevasi permukaan tanah maksumum + 3637 m (puncak gunung Mahameru) yang terletak di daerah Lumajang.
Show Left Panel