Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
26 Januari 2020
Profil Provinsi Gorontalo
Pilih Provinsi    
​Pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo dari tahun ke tahun terus menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Pada triwulan III 2006, pertumbuhan ekonomi diperkirakan mencapai 6,06% (y.o.y). Dari sisi penawaran, sektor pertanian, sektor keuangan, persewaan dan jasa keuangan serta sektor pengangkutan dan komunikasi merupakan sektor-sektor dominan dalam PDRB Gorontalo. Khusus di sektor pertanian, beberapa program unggulan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo diantaranya adalah :

    1. Menjadikan Gorontalo sebagai Provinsi Agropolitan yakni Provinsi yang memiliki kompetisi di bidang pertanian
    2. Pengembangan ekonomi kelautan dengan sasaran dengan sasaran peningkatan kinerja sektor perikanan dan pengembangan wilayah pesisir.

Sebagai sebuah daerah agraris, Gorontalo merupakan penghasil beberapa tanaman pangan terutama Jagung yang dijadikan komoditi unggulan beberapa tahun terakhir, selanjutnya padi, kelapa, cengkeh, kemiri dan pala yang tersebar di seluruh kabupaten se-Gorontalo. Disamping itu, dengan kondisi daerah yang relatif subur dan berbukit Gorontalo juga merupakan penghasil komoditi sayur-sayuran yang belum dikembangkan secara optimal. Jenis sayur-sayuran yang dihasilkan dan dapat dikembangkan lebih lanjut antara lain cabe, tomat dan bawang. Di bidang peternakan, kondisi daerah yang memiliki areal lahan kering dan padang rumput yang luas sangat cocok untuk pengembangan peternakan antara lain sapi, kambing dan kerbau. Di bidang perikanan dan kelautan, Gorontalo memiliki potensi yang sangat besar mulai dari budidaya air tawar, budi daya tambak, budi daya laut dan perikanan tangkap (marine fishery). Komoditi yang menjadi unggulan daerah ini dan masih perlu dikembangkan karena potensinya yang baik adalah rumput laut dan perikanan laut.

Peluang Investasi di Gorontalo diantaranya adalah :

1. Industri Pembekuan dan Pengalengan Ikan
Realisasi total produksi perikanan pada tahun 2003 sebesar 2.640 ton. Komoditi perikanan merupakan komoditi yang memerlukan penanganan khusus, karena sifatnya yang mudah sekali rusak. Disisi lain permintaan akan produk ini semakin tinggi. Oleh sebab itu industri pembekuan dan pengalengan ikan memiliki prospek yang cukup baik di tahun-tahun mendatang.Tercatat potensi tangkapan hingga saat ini baru termanfaatkan sekitar 10,18 %. Produksi perikanan Kota Gorontalo saat ini sebagian besar untuk memenuhi permintaan Luar Negeri  terutama dari Jepang dan Hongkong disamping untuk konsumsi lokal, regional maupun nasional.

2. Industri Pengawetan Rotan
Tingkat Produksi Industri pengawetan rotan untuk setiap unit usaha rata-rata mencapai ± 1800  ton per tahun. Industri pengawetan rotan di daerah ini memiliki daya saing yang kuat  dalam memasuki pasar global. Faktor yang menjadi kekuatan adalah ketersediaan bahan baku serta tenaga kerja yang relatif murah.

3. Industri Perabot (Meubel Rotan)
Industri meubel rotan di Kota Gorontalo dewasa ini telah mengalami kemajuan yang cukup berarti. Jumlah unit usaha yang ada saat ini sebanyak 285 unit.
 
Show Left Panel