Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Gorontalo November 2018 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
30 Januari 2020

Pada triwulan III 2018, pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo tercatat sebesar 5,24% (yoy) lebih rendah dibandingkan triwulan II 2018 sebesar 7,45% (yoy). Namun, kinerja pertumbuhan ekonomi Gorontalo tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17% (yoy). Dari sisi penggunaan, kinerja konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, dan investasi cukup mendorong pertumbuhan ekonomi pada triwulan laporan meskipun terjadi tekanan yang disebabkan oleh perlambatan konsumsi LNPRT yang disertai dengan pertumbuhan kegiatan impor Gorontalo yang lebih besar dari pertumbuhan ekspor. Pada sisi penawaran, meskipun terjadi perlambatan kinerja lapangan usaha pertanian akibat penurunan hasil panen, kinerja lapangan usaha utama lainnya secara umum mengalami perbaikan seperti pada lapangan usaha perdagangan, dan konstruksi.

Total pagu Anggaran APBN dan APBD Provinsi Gorontalo pada tahun 2018 tercatat sebesar Rp 11.8 triliun yang terdiri atas APBD provinsi dengan pangsa 14,3% (Rp 1,7 triliun), APBD kabupaten/kota 48,6% (Rp 5,7 triliun) dan APBN 36,5% (Rp 4,4 triliun). Nilai pagu pada tahun ini apabila dibandingkan dengan tahun 2017 meningkat sebesar 2,9% atau sebesar Rp 333,5 miliar dari Rp 11,5 triliun. Terjadinya peningkatan pagu dan perbaikan tata kelola keuangan pemerintah daerah dan dana dari pemerintah pusat diharapkan dapat mendukung pencapaian target pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Gorontalo.

Pada triwulan III 2018, inflasi Gorontalo tercatat menurun dari 1,88% (yoy) di triwulan II 2018 menjadi 1,79% (yoy). Capaian tersebut juga berada di bawah inflasi nasional yang mencapai 2,88% (yoy). Dengan capaian tersebut, sampai dengan triwulan III 2018 inflasi tahun kalender Gorontalo baru mencapai 1,18% (ytd).

Melambatnya pertumbuhan perekonomian Gorontalo pada triwulan III 2018 masih ditopang oleh stabilitas keuangan Gorontalo yang relatif terjaga. Hal tersebut tercermin dari risiko kredit perbankan yang masih di bawah level indikatif yakni sebesar 2,87%. Hal tersebut didukung dengan meningkatnya penghimpunan dana, meskipun kinerja perbankan masih belum optimal terkait dengan perkembangan aset dan kredit yang cenderung melambat. Meskipun terjadi perlambatan perekonomian Gorontalo, kondisi ketahanan korporasi di Gorontalo masih terjaga. Risiko rentabilitas, solvabilitas, dan interest service coverage ratio membaik, sedangkan tingkat risiko likuiditas, turn over aset dan persediaan relatif stabil. Membaiknya kinerja korporasi pada triwulan III 2018 diperkirakan didorong oleh korporasi yang terus melakukan efisiensi seiring perlambatan kinerja perekonomian.

Kondisi ketenagakerjaan Gorontalo pada triwulan III 2018 melambat dibandingkan periode sebelumnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang melambat. Menurunnya kondisi ketenagakerjaan disebabkan oleh peningkatan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan penurunan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). Indikasi peningkatan kondisi ketenagakerjaan tersebut sejalan dengan perlambatan pada lapangan usaha utama di Gorontalo yaitu LU pertanian.

Untuk seluruh tahun, kinerja perekonomian Gorontalo di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dibandingkan tahun 2017 dengan tingkat pertumbuhan pada kisaran 6,5% - 6,9% (yoy). Sumber utama peningkatan pertumbuhan ekonomi Gorontalo pada tahun 2018 berasal dari peningkatan permintaan domestik yaitu konsumsi dan investasi. Konsumsi rumah tangga diperkirakan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya seiring meningkatnya pendapatan masyarakat bersumber dari peningkatan kinerja pertanian sebagai lapangan usaha utama, peningkatan UMP, peningkatan aktivita ekonomi secara umum dan terjaganya tekanan inflasi. Di sisi lain, peningkatan kinerja investasi terutama akan didorong oleh adanya pembangunan proyek strategis yaitu PLTU Sulbagut I yang mempuyai nilai cukup besar serta adanya base year effect akibat terbatasnya nilai investasi di tahun 2017.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel