Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
02 Oktober 2020
Profil Provinsi Bengkulu
Pilih Provinsi    
1. Sejarah Singkat

Kantor Bank Indonesia (KBI) Bengkulu merupakan salah satu dari sebelas Kantor Bank Indonesia yang berada di Sumatera, memiliki wilayah kerja meliputi 9 (sembilan) Dati II yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Muko-Muko, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kaur, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang.

KBI Bengkulu yang dibangun pada tahun 1972 beralamat di jalan Jendral Ahmad Yani No. 1 dan diresmikan pada tanggal 14 September 1974 oleh Bapak Rahmat Saleh selaku Gubernur Bank Indonesia saat itu. R. Husni Djojosoemitro adalah Pemimpin pertama KBI Bengkulu dengan pegawai berjumlah sekitar 28 (dua puluh delapan) orang.

2. Bidang Tugas

KBI Bengkulu merupakan KBI kelas IV yang berada di bawah koordinasi Kantor Koordinator Bank Indonesia (KKBI) Padang yang juga membawahi 3 (tiga) KBI di Sumatera lainnya, yaitu: KBI Pekanbaru, Jambi dan Batam. Walaupun KBI Bengkulu hanya merupakan KBI kelas IV, tetapi luas wilayah kerjanya setara dengan KBI kelas III.

Pada awalnya KBI Bengkulu hanya mempunyai 3 (tiga) seksi yaitu Seksi Umum dan Pembuku, Seksi Kas, dan Urusan dan Riset dan Moneter. Untuk saat ini telah berkembang menjadi 2 (dua) bidang dan 6 (enam) seksi, yaitu:

a. Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern yang terdiri dari :

  • Seksi Kas dan Pengedaran, bertugas mengelola distribusi uang kartal dan kebijakan clean money policy. Scope pendistribusian uang kartal mencakup seluruh Provinsi Bengkulu. Untuk daerah ini umumnya berada dalam kondisi outflow yang berarti lebih banyak uang kartal yang keluar dari kas Bank Indonesia dibanding uang kartal masuk.
  • Seksi Akunting dan Kliring, yang bertugas menyelenggarakan kegiatan sistem pembayaran non-tunai, akunting dan keuangan intern. Seksi ini bertugas menjadi penyelenggara kliring di Provinsi Bengkulu.
  • Seksi Sumber Daya, yang bertugas untuk melakukan kegiatan manajemen intern secara efektif dan efisien.

b. Bidang Ekonomi, Moneter dan Perbankan yang terdiri dari :

  • Seksi Statistik dan Kajian Ekonomi Moneter, seksi ini bertugas untuk mengelola dan memberikan pelayanan informasi di bidang moneter, perbankan, sistem pembayaran dan informasi lainnya yang terkait dengan pengembangan ekonomi daerah dan kebijakan Kantor Pusat BI. Selain itu juga melaksanakan penelitian yang terkait dalam bidang tersebut dalam rangka memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah dan penyempurnaan kebijakan Kantor Pusat.
  • Seksi Pelaksanaan Kebijakan Moneter, bertugas untuk melaksanakan pengembangan Usaha Mikro dan Kecil serta pemberian bantuan teknis. 
  • Tim Pengawasan Bank, bertugas untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap bank yang berkantor pusat di wilayah kerja dan membantu Kantor Pusat BI dalam pengawasan dan pembinaan bank yang tidak berkantor pusat di wilayah kerja. Saat ini di Provinsi Bengkulu terdapat 1 (satu) bank yang berkantor pusat di Bengkulu yaitu Bank Bengkulu serta 11 (sebelas) kantor cabang bank yang tidak berkantor pusat di daerah ini. Sedangkan jumlah BPR saat ini ada 5 BPR/S.
Show Left Panel