Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 Januari 2020
Profil Provinsi Bali
Pilih Provinsi    
Kantor Bank Indonesia (KBI) Denpasar berdiri sejak tanggal 16 Juli 1968 yang bertempat di Jl. Surapati No.15 Denpasar, yang saat ini digunakan sebagai gedung PT. Bank Mandiri, Tbk (Persero).   Seiring dengan dinamika perekonomian Bali, organisasi dan cakupan tugas Bank Indonesia Denpasar semakin berkembang.  Untuk mengakomodasi perkembangan tersebut, Kantor Bank Indonesia Denpasar dipindahkan ke Jl. W.R. Supratman No.1 Denpasar.  Gedung ini diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Bank Indonesia Bp. Rachmat Saleh tanggal 21 Juli 1973 dan pada saat itu tercatat sebagai bangunan kantor terbesar di Propinsi Bali.

Kebangkitan industri pariwisata Bali diawal tahun 1970-an membawa dampak positif bagi perekonomian Bali.  Pertumbuhan ekonomi Bali selalu lebih tinggi dibandingkan dengan perekonomian Nasional.  Seiring dengan itu sektor perbankan tumbuh dengan pesat baik dari sisi kelembagaan maupun dari dana kelolaan.  Oleh karena itu sekali lagi gedung Kantor Bank Indonesia Denpasar dirasakan kurang memadai dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat dan kepada perbankan khususnya.  Untuk itu sejak bulan Mei 1994 dirancang pembangunan gedung baru di Jl. Letda Tantular No.4 Denpasar dan pengerjaan fisik bangunan dimulai pada tanggal 27 Juni 1997.  Namun akibat krisis moneter yang berkembang menjadi krisis multi dimensi memaksa pembangunan gedung dihentikan untuk sementara.   Pembangunan gedung dilanjutkan kembali pada bulan Mei 2003 dan selesai pada tanggal 29 Oktober 2004.  Setelah tahapan penyelesaian sarana kantor, akhirnya seluruh kegiatan operasional Bank Indonesia Denpasar dipindahkan ke gedung baru pada tanggal 8 Agustus 2005.

Gedung Kantor Bank Indonesia Denpasar yang baru memiliki luas tapak 22.225 m2.  Bangunan terdiri dari 3 lantai dengan total luas bangunan 15.931 m2.  Perpaduan antara arsitektur gedung perkantoran modern yang dibalut unsur-unsur tradisional Bali seakan menambah kekokohan dan kewibawaan gedung.



Dalam pelaksanaan tugasnya, KBI Denpasar dibagi dalam 4 bidang tugas, yaitu :
1. Bidang Ekonomi dan Moneter.
2. Bidang Perbankan.
3. Bidang Sistem Pembayaran.
4. Bidang Manajemen Intern.
Wilayah kerja Kantor Bank Indonesia Denpasar meliputi seluruh provinsi Bali yang terdiri dari 9 Kabupaten/Kota yaitu ; Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem, Buleleng, dan Kota Denpasar.
Show Left Panel