​Laporan Perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agustus 2019​ - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
25 September 2020

Pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan II 2019 mencapai 3,49% (yoy), tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang mencapai 2,80% (yoy). Sumber pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan ini berasal dari perbaikan konsumsi domestik dan investasi. Dari lapangan usaha, sumber pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan II 2019 berasal dari pertumbuhan dua sektor lapangan usaha utama yaitu sektor pertanian dan perdagangan. Pada triwulan III 2019, pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung diproyeksikan akan menguat dibandingkan triwulan II 2019 didorong oleh membaiknya konsumsi pemerintah dan investasi.

Pada triwulan II 2019, inflasi di Bangka Belitung mencapai 3,69% (yoy), meningkat dibandingkan triwulan I 2019 sebesar 2,71% (yoy). Inflasi pada triwulan ini disebabkan oleh adanya inflasi pada kelompok bahan makanan. Pada triwulan III 2019, tekanan inflasi diperkirakan akan menurun seiring dengan adanya normalisasi permintaan pasca perayaan hari besar keagamaan (idul adha).

Prospek perekonomian Bangka Belitung tahun 2019 diperkirakan akan cenderung melambat disebabkan oleh belum membaiknya sektor industri pengolahan terutama industri pengolahan timah yang berdampak terhadap penurunan kinerja ekspor. Faktor risiko ekternal seperti kondisi perekonomian global yang melambat, berlanjutnya perang dagang, menurunnya volume perdagangan dunia dan harga komoditas yang belum membaik dapat menahan laju pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung. Pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung tahun 2019 diperkirakan tumbuh di bawah titik tengah kisaran 4,0%-4,5%. Tekanan inflasi tahun 2019 juga diperkirakan akan meningkat sejalan dengan tren kenaikan harga emas, penyesuaian harga bahan bakar minyak subsidi dan faktor cuaca. Upaya pengendalian inflasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan instansi terkait termasuk Bank Indonesia mampu menahan laju inflasi sehingga inflasi diperkirakan masih dapat mencapai sasaran inflasi nasional.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel