Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/40/DPSP tanggal 30 Desember 2016 perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 18/7/DPSP tanggal 2 Mei 2016 perihal Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
20 Agustus 2018
R I N G K A S A N
 
Peraturan                          :     Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/40/DPSP tanggal  30 Desember 2016 perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 18/7/DPSP tanggal 2 Mei 2016 perihal Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia
Tanggal Berlaku              :       1 April 2017
 

1.         Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) ini merupakan perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 18/7/DPSP tanggal 2 Mei 2016 perihal Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia.

2.         Pokok-pokok materi pengaturan SEBI tersebut adalah sebagai berikut:

a.         Pengaturan bahwa penyerahan Warkat Debit berupa cek dan/atau bilyet giro kepada Peserta pengirim harus dilakukan oleh nasabah penerima atau pihak yang menerima kuasa dari nasabah penerima.

b.         Pembatasan nilai nominal Warkat Debit, yaitu:

1)         untuk cek dan/atau bilyet giro, dibatasi paling tinggi sebesar Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah); dan
2)         untuk nota debit tidak dibatasi.

c.         Penyesuaian pengaturan mengenai penahanan Warkat Debit karena adanya dugaan tindak pidana, yaitu:

1)         Penahanan Warkat Debit dilakukan dengan membuat surat keterangan penahanan bahwa Peserta penerima telah menerima serta menahan Warkat Debit karena:
a)         hilang atau dicuri berdasarkan surat keterangan dari kepolisian; dan/atau
b)         terdapat indikasi pemalsuan, sehingga wajib dilakukan verifikasi,
2)         Surat keterangan penahanan tersebut disampaikan kepada Peserta pengirim untuk selanjutnya diinformasikan kepada nasabah penagih.
3)         Apabila penahanan Warkat Debit dilakukan karena terdapat indikasi pemalsuan, Peserta penerima wajib menyampaikan hasil verifikasi kepada Peserta pengirim paling lambat 1 (satu) hari kerja berikutnya.

d.         Penyesuaian mengenai perhitungan  dan pembebanan Warkat Debit oleh Koordinator PWD yang melakukan pertukaran Warkat Debit secara otomasi yaitu :

1)         perhitungan jumlah lembar Warkat Debit reject yang diserahkan oleh Peserta pengirim dilakukan terhadap Warkat Debit reject pada field nominal dan dibebankan kepada Peserta pengirim;
2)         perhitungan jumlah lembar Warkat Debit reject yang diterima dilakukan terhadap Warkat Debit reject pada field nomor seri, sandi kliring, nomor rekening, dan kode transaksi dan dibebankan kepada Peserta penerima.

3.         Ketentuan dalam SEBI Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia ini mulai berlaku pada tanggal 1 April 2017.

---- o0o ----
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel