Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 21/11 /PADG/2019 tentang Batas Nilai Nominal Maksimal Transaksi Melalui Sistem Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
21 Agustus 2019
RINGKASAN
 
Peraturan                       :  Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 21/11 /PADG/2019 tentang Batas Nilai Nominal Maksimal Transaksi Melalui Sistem Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia
Tanggal Berlaku             :  1 September 2019
1.           Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) ini mencabut Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No. 17/35/DPSP tanggal 13 November 2015 perihal Batas Nilai Nominal Transfer Dana Melalui Sistem Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia.
2.           Penerbitan PADG ini dimaksudkan untuk meningkatkan Layanan Transfer Dana dan Layanan Pembayaran Reguler pada penyelenggaraan  transfer dana dan kliring berjadwal oleh Bank Indonesia melalui penyesuaian batas maksimal nilai nominal transaksi yang dapat diproses oleh SKNBI.
3.           Pokok-pokok penyempurnaan dalam PADG tentang Batas Nilai Nominal Maksimal Transaksi Melalui Sistem Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia adalah sebagai berikut:
Substansi Pengaturan
Ketentuan Saat Ini
Ketentuan Baru
Capping Transaksi
1.    Maksimal Rp 500 juta untuk Layanan Transfer Dana;
1.    Maksimal Rp 1 miliar untuk Layanan Transfer Dana;
2.    Maksimal Rp 500 juta untuk Layanan Kliring Warkat Debit;
2.    Tetap;
3.    Maksimal Rp 500 juta untuk Layanan Pembayaran Reguler;
3.    Maksimal Rp 1 miliar untuk Layanan Pembayaran Reguler;
4.    Maksimal Rp 500 juta untuk Layanan Penagihan Reguler.
4.    Tetap.
4.           Dengan adanya penyempurnaan ketentuan ini, diharapkan transaksi masyarakat melalui SKNBI khususnya Layanan Transfer Dana dan Layanan Pembayaran Reguler dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap penyediaan sarana penyelesaian transaksi yang semakin besar dengan biaya yang semakin efisien.
5.           Ketentuan dalam PADG ini mulai berlaku pada tanggal 1 September 2019.
 
---- o0o ----
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel