Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/ 30 /PBI/2009 - Fasilitas Likuiditas Intrahari Berdasarkan Prinsip Syariah - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
01 Oktober 2020
Ringkasan Peraturan Perundang-undangan Bank Indonesia

Peraturan : Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/ 30 /PBI/2009 - Fasilitas Likuiditas Intrahari Berdasarkan Prinsip Syariah
Berlaku : 7 Juli 2009
Ringkasan :

I. DEFINISI FLIS

Fasilitas Likuiditas Intrahari Berdasarkan Prinsip Syariah (FLIS) adalah fasilitas pendanaan yang disediakan Bank Indonesia kepada Bank dalam kedudukan sebagai peserta Sistem BI-RTGS dan SKNBI, yang dilakukan dengan cara repurchase agreement (repo) surat berharga yang harus diselesaikan pada hari yang sama dengan hari penggunaan.

II. PERSYARATAN & TATA CARA PERMOHONAN FLIS

Bank dapat menggunakan FLIS dalam bentuk FLIS-RTGS maupun FLIS-Kliring apabila Bank :

  1. memiliki surat berharga yang dapat direpokan kepada Bank Indonesia berupa SBIS, SBSN dan/atau surat berharga syariah lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia;
  2. berstatus aktif sebagai peserta BI-SSSS; dan
  3. berstatus aktif sebagai peserta BI-RTGS dan/atau tidak sedang dikenakan sanksi penghentian sebagai peserta SKNBI.

Untuk dapat menggunakan FLIS, Bank terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia dengan cara mengajukan permohonan secara tertulis kepada Bank Indonesia dengan melampirkan:

  1. perjanjian penggunaan FLIS;
  2. fotokopi anggaran dasar Bank atau kuasa (power of attorney) dari kantor pusat Bank bagi cabang Bank yang kantor pusatnya berkedudukan di luar negeri yang telah dinyatakan sesuai dengan aslinya oleh Bank; dan
  3. dokumen pendukung lainnya.
III. PENGGUNAAN

FLIS digunakan secara otomatis, pada saat:

  1. saldo rekening giro rupiah Bank di Bank Indonesia tidak mencukupi untuk melakukan transaksi keluar (outgoing transaction), untuk FLIS-RTGS; atau
  2. saldo rekening giro rupiah Bank di Bank Indonesia tidak mencukupi untuk memenuhi kewajiban Bank atas penyelesaian akhir Kliring Debet, FLIS-Kliring

    Maksimum nilai FLIS yang dapat digunakan Bank adalah sebesar nilai SBIS, SBSN dan/atau surat berharga syariah lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia yang direpokan dalam rangka FLIS-RTGS atau FLIS-Kliring.

    Dalam hal nilai surat berharga untuk FLIS-Kliring tidak cukup untuk menutup kewajiban penyelesaian akhir Kliring Debet, maka nilai surat berharga untuk FLIS-RTGS yang tersedia secara otomatis digunakan untuk menutup kewajiban penyelesaian akhir Kliring Debet. Namun tidak berlaku untuk hal sebaliknya.

    Bank Indonesia dapat mengenakan biaya atas penggunaan FLIS tersebut.

IV. PENYELESAIAN

  1. Penyelesaian FLIS dilakukan secara otomatis oleh Sistem BI-RTGS setiap terdapat transaksi masuk (incoming transaction) yang mengkredit rekening giro rupiah Bank yang bersangkutan di Bank Indonesia sampai dengan batas waktu penyelesaian FLIS.
  2. Terhadap nilai FLIS yang tidak dapat diselesaikan sampai dengan batas waktu penyelesaian FLIS diberlakukan sebagai transaksi repo dengan Bank Indonesia dengan jangka waktu 1 (satu) hari.

V. KETENTUAN LAIN-LAIN

  1. Dalam hal terjadi kegagalan Sistem BI-RTGS dan/atau BI-SSSS yang mengakibatkan Bank tidak dapat menyelesaikan FLIS maka penyelesaian FLIS dilakukan secara otomatis jika terdapat transaksi masuk (incoming transaction) oleh Sistem BI-RTGS segera setelah sistem BI-RTGS dan atau BI-SSSS berfungsi kembali.
  2. Bank yang pada saat berlakunya Peraturan Bank Indonesia ini telah menandatangani Perjanjian Penggunaan dan Pengagunan FLIS harus mengganti dengan Perjanjian Penggunaan FLIS sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia.

VI. PENUTUP

  1. Ketentuan lebih lanjut dari Peraturan Bank Indonesia ini diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia
  2. Peraturan Bank Indonesia mencabut dan menyatakan tidak berlaku Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/24/PBI/2005 tanggal 3 Agustus 2005 tentang Fasilitas Likuiditas Intrahari Bagi Bank Umum Berdasarkan Prinsip Syariah.
  3. Peraturan Bank Indonesia ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel