Peraturan Bank Indonesia No. 15/5/PBI/2013 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 12/11/PBI/2010 Tentang Operasi Moneter - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
21 Oktober 2020
Peraturan : Peraturan Bank Indonesia No. 15/5/PBI/2013 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 12/11/PBI/2010 Tentang Operasi Moneter
Berlaku : 27 Agustus 2013
  1. Perubahan Peraturan Bank Indonesia (PBI) dilakukan dalam rangka penguatan operasi moneter dan manajemen ekses likuiditas melalui strategi operasi moneter yang memperpanjang profil jatuh waktu instrumen operasi moneter dengan pengkayaan instrumen operasi moneter. Instrumen tersebut juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pelaku pasar sehingga sekaligus dapat mendorong pendalaman pasar keuangan.

  2. Bank Indonesia menambahkan 1 (satu) kegiatan Operasi Pasar Terbuka (OPT) yaitu penerbitan Sertifikat Deposito Bank Indonesia (SDBI), yaitu surat berharga dalam mata uang rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek yang dapat diperdagangkan hanya antar Bank.

  3. SDBI memiliki karakteristik antara lain berjangka waktu hingga 12 bulan, diterbitkan dengan sistem diskonto dan tanpa warkat (scripless), hanya dapat dimiliki bank dan dapat dipindahtangankan hanya antar bank.

  4. SDBI dapat digunakan sebagai underlying collateral untuk transaksi dengan Bank Indonesia, antara lain Repo OPT dan Lending Facility.

  5. Bank dilarang untuk mentransaksikan SDBI di pasar sekunder dengan pihak lain selain Bank. Sub-Registry juga memiliki kewajiban untuk menatausahakan SDBI dengan memenuhi ketentuan dimaksud

  6. Dalam hal Bank dan/atau Sub-Registry melakukan pelanggaran dengan mentransaksikan SDBI dengan pihak selain Bank, Bank dan/atau Sub-Registry dimaksud akan dikenakan sanksi berupa teguran tertulis dan kewajiban membayar.

  7. Dalam hal SDBI dimiliki oleh pihak selain bank, Bank Indonesia akan melunasi SDBI dimaksud sebelum jatuh waktu (early redemption).

  8. Peraturan Bank Indonesia ini mulai berlaku pada tanggal 27 Agustus 2013.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel