<strong>Institut Bank Indonesia Memperoleh Hak Cipta </strong><em><strong>Economic Leadership Boardgame</strong></em> - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
02 Oktober 2020
Sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan program pembelajaran secara berkelanjutan, Institut Bank Indonesia (BINS) telah menciptakan sebuah tools/alat bantu pembelajaran yaitu economic leadership boardgame yang digunakan sebagai sarana dalam memahami konsep economic leadership.
 
Boardgame tersebut dirancang secara khusus sebagai alat untuk menggali ide inovasi, game changing, dan juga sharing terobosan yang telah dan akan dilakukan para peserta melalui sistem permainan interaktif (experiential learning). Proses permainan interaktif didasarkan pada pengalaman keseharian, sinergi, serta kolaborasi antar peserta dan fasilitator, guna menghasilkan pengalaman pembelajaran yang optimal.
 
Economic leadership boardgame pertama kali diluncurkan pada tanggal 30 November 2016. Boardgame ini telah digunakan pada beberapa program pembelajaran yang diselenggarakan oleh BINS, seperti Economic Leadership for Regional Government Leader dan Youth Economic Leadership Program. Economic leadership boardgame mendapatkan animo yang baik dari peserta, mulai dari kalangan mahasiswa hingga para pemimpin daerah.
 
Adalah suatu kebanggaan bagi BINS yang berhasil mempersembahkan sebuah alat bantu program pembelajaran yang aplikatif dan diapresiasi banyak pihak. Untuk itu, sebagai wujud penghargaan atas ide dan buah karya para pihak yang terlibat, yang telah dituangkan pada boardgame tersebut, BINS berinisiatif untuk mendaftarkan ciptaan tersebut secara resmi kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual pada bulan Agustus 2017. Pendaftaran ini merupakan upaya untuk mencegah adanya klaim dari pihak lain terhadap hasil karya intelektual dimaksud.
 
Rangkaian proses pengajuan hak cipta tersebut telah dilakukan secara bertahap untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan. BINS telah melalui proses yang cukup panjang hingga pada akhirnya pada bulan Februari 2018 BINS berhasil mendapatkan pengakuan sah terhadap hak cipta economic leadership boardgame.
 
Pada tanggal 8 Februari 2018, BINS akhirnya resmi memperoleh hak cipta atas economic leadership boardgame. Kesahihan hak cipta tersebut dibuktikan dengan adanya sertifikat yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual kepada BINS. Hak cipta atas economic leadership boardgame dipegang oleh Institut Bank Indonesia dan berlaku selama lima puluh (50) tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali diumumkan.
 
Ke depan, BINS tetap berkomitmen untuk mengembangkan ide dan kreasi inovatif dalam rangka menciptakan alat bantu pembelajaran yang lebih beragam dan sesuai dengan perkembangan terkini.
 
HAKI.jpg 
 
 
 
 
 
 
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel