Sejarah - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
24 Agustus 2019

 

sejarah.JPGFoto : Grandlaunching BI Institute: 24 Agustus 2016
 
Perubahan tatanan perekonomian domestik dan global menuntut bank sentral yang lebih proaktif dalam mencapai tujuan pembangunan nasional. Untuk itu diperlukan penguatan strategi kebijakan maupun kelembagaan yang didukung oleh center of advancement terkait riset, pendidikan, dan pengembangan kepemimpinan.

Dalam satu dekade terakhir, perubahan tatanan perekonomian domestik dan global terasa begitu cepat. Seiring dinamika perekonomian yang bergulir, lahir pula tuntutan bagi negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk terus beradaptasi dalam memperkuat serta mempertajam efektivitas kebijakannya.

Untuk menjawab tantangan di atas, pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dalam kepemimpinan ekonomi nasional menjadi jawaban yang tepat. Pengelolaan SDM harus mampu membentuk manusia yang profesional, kompetitif, berwawasan ekonomi, dan memiliki karakter kepemimpinan yang kuat serta mampu menghadapi tantangan ke depan.

Sejalan dengan hal tersebut, Dewan Gubernur Bank Indonesia telah menggulirkan lima tema transformasi Bank Indonesia di antaranya adalah Motivated Organization yang salah satu agendanya adalah mewujudkan berdirinya BI Institute. BI Institute harus hadir sebagai salah satu pilar untuk mencapai visi Bank Indonesia menjadi bank sentral yang kredibel dan terbaik pada tingkat regional.

Show Left Panel