Sidang Pleno AFEBI XVI - Sharing Session Kepala Grup Pengembangan Akademi - BINS: PT Harus Fokus - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
24 Agustus 2019
Pangkal Pinang - Kepala Grup Pengembangan Akademi Bank Indonesia Institute (BINS), Ibu Arlyana Abubakar menjadi salah satu keynote speaker dalam Sidang Pleno Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) XVI pada 25 April 2019.
 
Mengangkat topik “Membangun Bangsa Unggul: Peran Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”, Ibu Arlyana memaparkan bahwa Bank Indonesia merupakan organisasi yang senantiasa adaptif dengan pengembangan eksternal dan pembuatan kebijakan. Aset pengetahuan tidak hanya dimiliki oleh internal BI, tetapi juga melibatkan pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan untuk kepentingan nasional.
 
Perguruan tinggi (PT) harus fokus untuk memastikan agar kualitas SDM sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang saat ini sudah berbasis teknologi dan didukung oleh kuantitas SDM unggul yang cukup banyak juga merata di berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut akan memberikan kesempatan besar bagi Indonesia untuk melesat menuju negara yang mempunyai daya saing tinggi.
 
Bank Indonesia yang memegang mandat tunggal untuk mencapai dan memelihara kestabilan rupiah, dalam pelaksanaannya memerlukan kompetensi SDM dan kapasitas institusi yang unggul. Untuk itu dibutuhkanlah kerjasama dengan perguruan tinggi dalam pengembangan keilmuan dan riset strategis.

Sinergi BINS dengan perguruan tinggi diwujudkan dengan berbagai cara, antara lain: 
  • BI Corner, yang merupakan fasilitas edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral yang dapat diakses melalui koleksi cetak maupun elektronik.
  • Bantuan penelitian Bank Indonesia
  • Pengajaran dan Pembelajaran
  • Research Grant Bank Indonesia, berupa pendanaan yang dialokasikan untuk penelitian strategis yang bersifat frontier dan penelitian pengembangan model yang dilakukan oleh peneliti eksternal
  • Learning Management System (LMS) eksternal
  • BI Institute Publication
  • Generasi Baru Indonesia (GenBI)

Acara ini dihadiri oleh dekanat, pengelola program studi, pengurus asosiasi bidang ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis, akuntansi, serta ekonomi islam di Indonesia dari 76 PTN anggota.

Kegiatan yang mengangkat tema “Ekowisata Bahari Sebagai Solusi Pertumbuhan Ekonomi Menuju Sustainable Development” ini juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti.
 
AFEBI merupakan asosiasi profesi yang beranggotakan dekan Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Keanggotaan AFEBI saat ini tediri dari 76 PT negeri, termasuk 46 PT yang telah menjalin kerjasama untuk pengembangan mata kuliah kebanksentralan dengan BI.
Sebelumnya, pada Sidang pleno XIV AFEBI di Universitas Sumatera Utara pada tahun 2018 juga telah dihadiri oleh Kepala KPwBI Provinsi Sumatera Utara, Bapak Arief Hartawan.
 
AFEBI 1.jpg 
 
AFEBI 2.jpg 
AFEBI 3.jpg 
 
 
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel