Seminar Nasional, ToT Kebanksentralan, dan Workshop SPEKTRO - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
27 Januari 2020

Mengusung tema “Membangun Ekosistem Pembelajaran dan Riset Berbasis Teknologi Digital” pada tanggal 6-8 Agustus 2019 BI Institute menyelenggarakan Seminar Nasional, ToT Kebanksentralan, dan Workshop SPEKTRO di Jakarta. Dibuka secara resmi oleh Kepala BI Institute Bapak Solikin M.Juhro, kegiatan ini diikuti oleh 138 dosen pengampu mata kuliah Kebanksentralan dan dosen admin SPEKTRO dari 75 Perguruan Tinggi (PT) yang telah memiliki kerjasama dengan Bank Indonesia (BI). Kegiatan dalam tiga hari ini meliputi Seminar Nasional, ToT Kebanksentralan, dan workshop SPEKTRO, rangkaian kegiatan tersebut merupakan realisasi program kerjasama kebanksentralan yang terstruktur dan terstandar.

Materi yang diusung dalam Seminar Nasional dan  ToT Kebanksentralan meliputi Bauran Kebijakan Bank Sentral (Moneter dan Makroprudensial), Koordinasi Kebijakan Makroekonomi, Konsep, Kerangka dan Strategi Nasional Pengembangan Pasar Keuangan, Manajemen Krisis Keuangan, Cyber Risk dan Fraud dalam Sistem Pembayaran, serta Kerangka dan Implementasi pengedaran uang. Selain itu dalam rangka mengantisipasi era digital, terdapat materi mengenai Peluang dan Tantangan Digital Ekonomi. Materi-materi tersebut, diramu sedemikian rupa sehingga dapat mencakup aspek konseptual, implementasi best practices, dan pemahaman current issue yang ada.

Selanjutnya, sebagai bagian dari  upaya membangun Ekosistem Pembelajaran dan Riset Berbasis Teknologi Digital serta untuk menyambut era Revolusi Industri 4.0, BI telah mengembangkan berbagai aplikasi berbasis digital seperti HRIS-Bimasakti, Modul E-Learning, dan salah satunya adalah SPEKTRO (Situs Pengelolaan Edukasi Kebanksentralan Online). SPEKTRO merupakan infrastruktur untuk mengintegrasikan kerjasama antara BI dan PT. Melalui SPEKTRO, sistem komunikasi BI-PT dipusatkan di satu tempat, dimana proses upload dan download dilakukan dengan mudah layaknya media sosial. Beberapa kegiatan yang didokumentasikan di SPEKTRO antara lain pengajaran kebanksentralan, seminar, riset, forum diskusi, bantuan penelitian, beasiswa dan berbagai kegiatan lain yang relevan dengan BI-PT. Melalui workshop SPEKTRO, diharapkan akan lebih meningkatkan pemahaman teknis operasionalisasi dan fitur-fitur baru yang ada. Dengan demikian proses sharing knowledge antar PT dapat berjalan lebih optimal, lebih cepat dan inklusif.

Selain mendapatkan sejumlah materi, dalam kegiatan ini dilakukan juga sesi evaluasi pengembangan mata kuliah dan riset kebanksentralan di setiap PT, sehingga tidak hanya memberikan materi tetapi BI Institute juga mendapatkan feedback dari para dosen pengampu mata kuliah Kebanksentralan, yang tentunya penting untuk menunjang kurikulum kebanksentralan dan kegiatan belajar-mengajar.

Kerjasama BI dan PT diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif bagi kedua belah pihak untuk pengembangan teori dan ilmu terapan akademis, update dengan business practices dan kebijakan Bank Sentral, peningkatan pengetahuan atas respon kebijakan yang diambil bank sentral, dan dalam rangka mendapatkan masukan yang kondusif untuk kualitas perumusan kebijakan otoritas bagi perekonomian secara luas.  

 

IMG-20190812-WA0040.jpg
IMG-20190812-WA0043.jpg
IMG-20190812-WA0042.jpg



 

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel