Mengenal <em>Research Grant </em>Bank Indonesia (RGBI) - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
12 Desember 2019
Pada tahun 2019, Bank Indonesia Institute (BINS) untuk kedua kalinya menjalankan Program Research Grant Bank Indonesia atau disingkat RGBI. RGBI merupakan salah satu program Bank Indonesia yang dialokasikan pada penelitian yang bersifat strategis. Jenis riset strategis RGBI yaitu Riset Frontier dan Riset Pengembangan Model (Modeling) yang dilakukan oleh peneliti eksternal. RGBI diberikan kepada pakar (prominent researcher/profesional) yang pernah menerbitkan publikasinya di jurnal internasional terindeks, untuk bidang yang relevan.
 
RGBI utamanya dilaksanakan dengan skema Sayembara (terbuka), yang ditawarkan secara terbuka melalui media online dan media cetak dan tidak dibatasi kepada institusi yang memiliki MoU dengan BI. Sedangkan skema Undangan (terbatas), yang ditawarkan secara terbatas kepada kelompok peneliti tertentu yang memiliki kompetensi sesuai dengan topik riset dan diutamakan kepada institusi yang sudah memiliki MoU dengan BI.
 
Tujuan dari RGBI
RGBI dilaksanakan oleh Bank Indonesia Institute dengan 3 tujuan, yaitu:
  1. Mendapatkan hasil riset, berupa pengembangan paradigma baru dan/atau penguatan, konfirmasi dari paradigma yang sudah ada, terkait struktur dan kerangka kerja kebijakan ekonomi dari pihak eksternal, yang dapat memperkaya hasil riset dalam mendukung formulasi kebijakan oleh Bank Indonesia.
  2. Meningkatkan kredibilitas kebijakan Bank Indonesia selain dari kajian internal juga melalui riset-riset strategis yang berkualitas tinggi dari pihak eksternal.
  3. Memperluas jejaring riset sekaligus mendorong peningkatan partisipasi peneliti ahli (S3 berpengalaman/profesional) dalam melakukan riset yang relevan dengan ruang lingkup riset Bank Indonesia.

 

Pada tahun 2019, terdapat 3 (tiga) topik riset strategis Research Grant Bank Indonesia dengan skema Sayembara, yaitu:
  1. Dampak Digital Ekonomi terhadap Pergeseran Struktur Industri dan Perdagangan 
  2. Mengoptimalkan Bonus Demografi sebagai Sumber Baru Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
  3. Integrasi Keuangan Sosial dan Komersial Islam untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif.

 

Riset berkualitas yang dihasilkan dari aktivitas peneliti eksternal Bank Indonesia diharapkan dapat bermanfaat untuk mendukung perumusan kebijakan Bank Indonesia atau riset-riset frontier yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. Program ini nantinya akan terselenggara setiap tahun dengan fokus riset yang terus berkembang.
 
Pemenang RGBI 2019
Setelah melalui proses yang sangat ketat dengan tim reviewer  dan expert panel dari internal dan eksternal BI, di bulan April 2019 telah ditetapkan 3 pemenang RGBI skema Sayembara, adalah:
1. Nury Effendi, Ph.D, Universitas Padjadjaran untuk Topik A - Digital
2. Turro S. Wongkaren, Ph.D, Universitas Indonesia untuk Topik B - Demography
3. Dr. Luqyan Tamanni, STEI TAZKIA untuk Topik C – Ekonomi Syariah
Pemenang RGBI 2019 akan mendapatkan dana grant penelitian dengan besaran yang telah ditentukan sesuai penilaian indeks RGBI dan presentasi proposal.
 
Kami ucapkan selamat kepada pemenang, dan sampai jumpa pada RGBI tahun 2020.
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel