Forum Komunikasi dan Pengembangan Pustakawan Bank Indonesia 2019 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
13 Agustus 2020

Perpustakaan Bank Indonesia menjadi salah satu bagian penting untuk mendukung 4 pilar Bank Indonesia Institute yaitu Learning, Research, Partnership, dan Public Exposure. Dalam rangka mewujudkan visi sebagai center of excellence dibidang pembelajaran dan riset, pada tahun 2019 ini BINS memasuki fase advancing yang ditandai dengan penciptaan advanced learning & research ecosystem dan penguatan self-learning. Salah satunya adalah melalui penguatan pengelolaan Perpustakaan Bank Indonesia.

Pengelolaan Perpustakaan Kantor Pusat Bank Indonesia mengacu pada standar internasional, yaitu ISO 9001:2015 dari Bureau Veritas. Terkait peran dan tugas untuk pembinaan 46 Perpustakaan KPw, Perpustakaan KP telah melakukan beberapa kegiatan penguatan yakni (i) akreditasi Perpustakaan (saat ini 21 Perpustakaan KPw telah terakreditasi nasional), (ii) pengayaan koleksi pustaka Perpustakaan, (iii) kerjasama literasi dalam bentuk bedah buku tematik oleh Perpustakaan KPw, dan (iv) kompetisi perpustakaan dan pustakawan terbaik antar KPw.

Dalam rangka penguatan Sumber Daya Manusia pengelola Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia, setiap tahun Perpustakaan Kantor Pusat Bank Indonesia menyelenggarakan Forum Komunikasi dan Pengembangan Pustakawan BI (FKPPBI). Kegiatan ini menjadi komunikasi dan sharing pengalaman antar Pustakawan di seluruh kantor perwakilan. Tema FKPPBI tahun ini adalah “Library in 4.0 Era: Personal dan Institutional Branding”. Tema tersebut sejalan dengan perkembangan digital yang berpengaruh pada pengelolaan perpustakaan dan budaya membaca.

Forum Komunikasi dan Pengembangan Pustakawan Bank Indonesia (FKPPBI) 2019 dilaksanakan pada tanggal 25-27 November 2019, di Jakarta. Pembukaan kegiatan FKPPBI 2019 dilaksanakan di Function Room Gedung Thamrin. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ibu Rosmaya Hadi menekankan bahwa Perpustakaan saat ini dituntut melakukan transformasi agar kontribusinya untuk masyarakat semakin nyata dan relevan seiring dengan perkembangan era digital yang berkembang pesat.

Kepala Bank Indonesia Institute, Solikin M. Juhro menyampaikan bahwa branding perpustakaan harus diperkuat sebagai an inspiring and dynamic learning environment in 4.0. Perpustakaan di era 4.0 harus bisa mengomunikasikan branding-nya sebagai tempat yang dapat menjawab kebutuhan belajar dan literasi dalam arti luas, baik secara personal maupun institusi.

Pembukaan FKPPBI 2019 dirangkaikan dengan Bedah buku authorized biography Bapak Prof. Dr. Ing Bacharuddin Jusuf Habibi (alm) karangan Andi Makmur Makka yang berjudul “Mr. Crack dari Pare-Pare : Dari Ilmuwan ke Negarawan sampai Minandito”. Bedah buku tersebut dibawakan langsung oleh Andi Makmur Makka, pengarang buku tersebut dengan moderator Glory Oyong, seorang presenter dari Kompas TV.

Sebagai bagian dari perluasan literasi dan peningkatan kualitas Perpustakaan, tahun 2019 Bank Indonesia Institute juga menyelenggarakan Lomba Perpustakaan tahun 2019 yang terdiri dari Lomba Perpustakaan terbaik antar Kantor Perwakilan, Lomba Pustakawan terbaik antar Kantor Perwakilan dan lomba VLOG “Perpustakaan: Everything you are into”. Penjurian lomba telah dilaksanakan baik melalui seleksi administrasi, visitasi dan wawancara, dengan dukungan juri yang ahli dibidangnya. Dalam pembukaan ini diserahakan secara simbolis apresiasi kepada para pemenang lomba tersebut yang dibacakan langsung oleh Ibu Arlyana Abubakar, Steering Committee Lomba Perpustakaan dan juga book charity sebanyak 504 buku yang diserahkan oleh Ibu Rosmaya Hadi kepada Komunitas 1001 buku yang diwakilkan oleh Ketuanya yaitu Ibu Ama Erithia. Buku tersebut merupakan donasi buku yang berasal dari Pegawai di Kantor Pusat (KP).

Pembukaan FKPPBI tahun 2019 dihadiri oleh pustakawan dari seluruh KPw, Pimpinan satker di KP, 12 Kepala KPw yang masuk dalam nominasi Perpustakaan terbaik atau yang mewakili, pejabat dari 46 KPw, pustakawan dari Perpustakaan Nasional serta para pustakawan perpustakaan khusus kementerian/lembaga terkait di Jakarta.

Berikut pemenang lomba perpustakaan, pustakawan terbaik serta lomba vlog perpustakaan:

A. Lomba Perpustakaan Kategori Akreditasi Kantor Perwakilan Tingkat Provinsi

Juara 1: Perpustakaan KPw Provinsi Sumatera Utara

Juara 2: Perpustakaan KPw Provinsi Jawa Tengah

Juara 3: Perpustakaan KPw Provinsi Jawa Barat

B. Lomba Perpustakaan Kategori Akreditasi Kantor Perwakilan Tingkat Kabupaten/Kota

Juara 1: Perpustakaan KPw Lhokseumawe

Juara 2: Perpustakaan KPw Jember

Juara 3: Perpustakaan KPw Purwokerto

C. Lomba Perpustakaan Kategori Non-Akreditasi Kantor Perwakilan Tingkat Provinsi

Juara 1: Perpustakaan KPw Provinsi Sulawesi Selatan

Juara 2: Perpustakaan KPw Provinsi Kalimantan Barat

Juara 3: Perpustakaan KPw Provinsi Bali

D. Lomba Perpustakaan Kategori Non-Akreditasi Kantor Perwakilan Tingkat Kabupaten/Kota

Juara 1: Perpustakaan KPw Pematang Siantar

Juara 2: Perpustakaan KPw Cirebon

Juara 3: Perpustakaan KPw Tegal

E. Lomba Pustakawan Kategori Akreditasi: Novi Susilawanti (KPw Provinsi Sumatera Selatan)

F. Lomba Pustakawan Kategori Non-Akreditasi: An Nurwoni Albasith (KPw Provinsi Kalimantan Barat)

G. Lomba Vlog Perpustakaan Kategori Kantor Pusat

Juara 1: Vienesca Laurentia (DSta)

Juara 2: Wahidun Pakpahan (DPU)

Juara 3: Aries Trihatmojo (DPU)

H. Lomba Vlog Perpustakaan Kategori Kantor Perwakilan

Juara 1: Nazia (KPw Provinsi Kalimantan Selatan)

Juara 2: Erlingga (KPw Provinsi Banten)

Juara 3: Marisa Latifa (KPw Jember)

Pada kegiatan FKPPBI 2019 ini juga terdapat sharing session antar Pengelola Perpustakaan KPwBI, update informasi kebanksentralan terkini “Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS) oleh Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran dan Sosialisasi Undang Undang No. 13 Th. 2018 Perihal Penyerahan Karya Cetak dan Karya oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan KPwBI yang sudah terakreditasi, diberikan materi Awereness ISO 9001:2015 untuk memperkenalkan standar internasional manajemen mutu Perpustakaan kepada Perpustakaan KPwBI.

Pengelola Perpustakaan KPwBI juga berkunjung ke Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta di Cikini dan Museum Macan pada tanggal 26 November 2019 untuk benchmarking dan juga menambah inspirasi untuk pengembangan Perpustakaan KPwBI. Pada hari yang sama, pengelola Perpustakaan KPwBI juga melakukan Focus Group Discussion “Rencana Kerja Perpustakaan BI 2020” kepada Ibu Yasmin, Dosen dan Konsultan Manajemen dari Universitas Indonesia.

Sesi terakhir rangkaian acara FKPPBI 2019, ditutup dengan workshop Dale Carnegie “How To win Friends & Influence People”. Dalam workshop ini, peserta belajar cara berkomunikasi dengan baik dan efektif.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel