Jurnal Ekonomi Bank Indonesia Memperoleh Indeks Scopus - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
30 Januari 2020
Sebuah pencapaian membanggakan diraih oleh Bank Indonesia Institute pada semester II tahun 2019, pasalnya salah satu jurnal yang dikelola oleh BI Institute yaitu Bulletin of Monetary  Economics and Banking (BMEB) resmi menjadi jurnal ekonomi yang terindeks Scopus sejak Juli 2019 lalu. Tentunya untuk mencapai indeks Scopus ini tidaklah mudah, karena harus melewati proses tahapan evaluasi yang ketat oleh Content Selection and Advisory Board dari Scopus.
 
Scopus sendiri merupakan salah satu lembaga pengelola database jurnal-jurnal berkualitas internasional dan menjadi rujukan terpercaya di bidang riset. Dengan terakreditasinya BMEB ke dalam Scopus mencerminkan bahwa publikasi riset Bank Indonesia telah berkelas dunia dan semakin memperkuat posisi BI Institute yang saat ini dipimpin oleh Dr. Solikin M.Juhro sebagai world class corporate university.
 
Keberhasilan ini merupakan wujud komitmen Gubernur BI, Dr. Perry Warjiyo, sebagai Editor-in-Chief BMEB, yang di awal 2018 berkomitmen untuk menjadikan BMEB sebagai jurnal terindeks scopus dalam target waktu 2 (dua) tahun. Sejak saat itu, transformasi pengelolaan jurnal secara modern dan terstandarisasi secara internasional dilakukan, termasuk dengan penunjukan Prof. Paresh K. Narayan dari Deakin University, Australia, sebagai Managing Editor.
 
Yang lebih membanggakan lagi sampai dengan saat ini hanya ada sekitar 47 jurnal di Indonesia yang terindeks Scopus, dan BMEB merupakan satu-satunya jurnal ekonomi di Indonesia yang terindeks Scopus. Sebagai informasi BMEB sebelumnya juga telah terindeks dalam Google Scholar, ISJD (sistem repositori jurnal ilmiah yang dikelola oleh LIPI), Cross-Ref, ASEAN Citation, the Directory of Open Access Journal (DOAJ) dan the Science and Technology Index (SINTA) yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti.
 
Diharapkan, dengan indeksasi Scopus tersebut, BMEB dapat memberikan kontribusi pada penguatan ekosistem riset ekonomi di Tanah Air. BMEB adalah jurnal yang terbit triwulanan (empat kali dalam setahun) dalam bentuk offline (cetak) dan online, saat ini jumlah visitor website BMEB sekitar 7.557 per bulan, dengan 87% pengunjung dari Indonesia (data Mei 2019).
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel