BI Institute Ramaikan Isef Dan Fesyar 2019 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
02 Oktober 2020

JAKARTA – Dalam rangka mendukung pengembangan keuangan dan ekonomi Syariah di Indonesia, BI Institute turut serta memeriahkan gelaran Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2019 pada tanggal 12-17 November 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Dalam kegiatan yang berjalan dalam naungan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) ini, BI Institute hadir melalui beberapa kegiatan.

Pertama, The 5th International Islamic Monetary Economics & Finance Conference (IIMEFC) 2019-Journal Islamic Monetary and Finance (JIMF). The 5th IIMEFC 2019 bertujuan untuk mendapatkan wawasan dari prominent scholars tentang pengembangan keuangan syariah di dunia dan tantangannya pada masa yang akan datang. Selain itu, kegiatan ini menjadi media bagi peneliti dan akademisi dalam mengeksplorasi keilmuan ekonomi dan keuangan syariah. Pada akhir acara juga diumumkan pemenang best paper awards yaitu Hasanul Banna dan Rabiul Alam dari University Malaya, dan Hasna Nabila, Laila Khilfah, & Taufik Faturohman dari ITB.

Kedua, International Public Seminar (IPS) di 3 universitas di Jakarta, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan UIN Syarif HIdayatullah. Kegiatan ini menghadirkan prominent scholars yang akan mengisi The 5th IIMEFC/JIMF International Call for Papers, yaitu:

  • Prof. Dr. Habib Ahmed dari Durham University, UK.
  • Prof. Dr. Asad Zaman dari Pakistan Institte of Development Economics Quad-i-Azam Unversit Campus – Islamabad, Pakistan dan Guru Besar MIT, USA
  • Prof Dr. Mohammad Omar Faruq dari Bahrain Institute of Banking and Finance, Bahrain.

Sebagai upaya untuk menarik minat sivitas akademika dalam penulisan ilmiah dan mendorong pengembangan riset di perguruan tinggi, juga diadakan workshop Penulisan Ilmiah di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Pembicara pada kegiatan workshop ini adalah Prof. Paresh K Narayan dari Deakin University, Australia.

Pada gelaran ISEF 2019 juga hadir Stand Booth Edukasi Produk Publikasi BI Institute yang terbagi menjadi dua booth, yaitu booth edukasi yang menjadi sarana pembelajaran ekonomi makro dan ekonomi syariah yang dibalut fun games, juga island learning and research edutainment yang hadir bersama Universitas Internasional Islam Indonesia (UIII) dan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia, dimana pada island ini BI Institute memamerkan produk publikasi BI Institute dalam bidang makroekonomi, moneter, keuangan dan khususnya ekonomi syari’ah. Total pengunjung yang meramaikan booth edukasi dan island BI Institute berjumlah lebih dari 1200 pengunjung.

BI Institute Ramaikan FESyar Indonesia 2019 Surabaya

Sebelumnya BI Institute juga hadir di Surabaya dalam gelaran Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah (FESyar) 2019 pada tanggal 6-9 November 2019. Diadakan di Grand City Convention Hall, Surabaya, BI Institute hadir melalui tiga kegiatan.

Pada tanggal 7 November 2019 diadakan seminar nasional yang menjadi agenda rutin sejak ISEF 2015. Bersamaan dengan itu juga diadakan launching buku ekonomi dan keuangan syariah. Buku yang di-launching pada kegiatan ini adalah buku Keuangan Publik dan Sosial Islam: Teori dan Praktik, dan Buku Bisnis Model Keuangan Mikro Syariah Indonesia. Kedua buku ini sudah tersedia di perpustakaan Bank Indonesia.

Selanjutnya juga diadakan research fair dengan skala nasional yang diharapkan dapat memberikan wawasan terkait pengembangan dan penelitian di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Pada kegiatan ini menghadirkan pembicara Dr. Muhammad Syafii Antonio, MEc yang merupakan Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA.

Juga hadir research clinic yang mendapat respon positif dari masyarakat dan kalangan civitas akademika, dimana pada booth research clinic pengunjung dapat berkonusltasi tentang riset dan ekonomi syariah. Selama gelaran FESyar 2019 booth research clinic BI Institute dikunjungi kurang lebih 500 orang pengunjung.

Sebagai sarana sosialisasi dan promosi program serta produk BINS juga hadir stand booth edukasi produk publikasi BI Institute yang total dikunjungi 1.432 pengunjung selama gelaran FESyar 2019 Surabaya.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel