Kuliah Umum Kebanksentralan di Provinsi Aceh "Mengenal Lebih Dekat Bauran Kebijakan Bank Indonesia" - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
02 Oktober 2020
Aceh - Sebagai salah satu bentuk media diseminasi informasi tentang pelaksanaan tugas dan kebijakan BI dan juga kotribusi nyata BI dalam literasi ekonomi kebanksentralan bagi publik, pada tanggal 30 Juli 2019 BI Institute menyelenggarakan kuliah umum di Anjong Mon Mata, kompleks Pendopo Gubernur Aceh. Bertajuk “Perekonomian Indonesia: Prospek dan Arah Bauran Kebijakan”, hadir sebagai narasumber adalah Kepala BI Institute Dr. Solikin M.Juhro. Sementara, Bapak Nasir Azis Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala menjadi moderator yang memandu kuliah umum.
Dalam paparannya,  Dr. Solikin menjelaskan mengenai perkembangan ekonomi global, pengaruhnya terhadap inflasi, risiko perekonomian, dan bauran kebijakan yang ditempuh oleh Bank Indonesia untuk kestabilan rupiah. Selain itu dibahas pula mengenai perkembangan dan prospek ekonomi Aceh berikut tantangannya di tahun 2019. Lebih lanjut dijelaskan mengenai bauran kebijakan BI yang terdiri dari kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, kebijakan sistem pembayaran, akselerasi pendalaman pasar keuangan dan pengembangan ekonomi keuangan Syariah. Bauran kebijakan tersebut sangat vital perannya dalam pencapaian visi Bank Indonesia yaitu inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil.
 
Antusiasme terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir, lebih dari 400 peserta hadir dalam acara ini. Peserta terdiri dari mahasiswa, civitas akademi dari perguruan tinggi sekitar, aparat pemerintah daerah, perbankan, dan otoritas lainnya.
 
Tidak hanya kuliah umum, acara ini juga dirangkaikan dengan pelantikan Ketua dan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) cabang Banda Aceh untuk periode 2019-2022. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan hubungan antara BI Institute, KPw BI Aceh dan stakeholder dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok melalui komunikasi dan koordinasi kebijakan yang lebih baik antar lembaga khususnya di daerah.
 
Kuliah Umum Aceh 1.jpg

Kuliah Umum Aceh 2.jpg

 
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel