Kuliah Umum Kebanksentralan di Universitas Widya Mandira Kupang "Mengenal Lebih Dekat Bank Indonesia" - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
28 Januari 2020
Kupang - Sebagai salah satu bentuk media diseminasi informasi tentang pelaksanaan tugas dan kebijakan BI dan juga kotribusi nyata BI dalam literasi ekonomi kebanksentralan bagi publik, pada tanggal 26 September 2019 BI Institute menyelenggarakan kuliah umum di Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang (UNWIRA) . Bertajuk “Mengenal Lebih Dekat Bank Indonesia”, hadir sebagai narasumber adalah Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Ibu Destry Damayanti. Sementara, ibu Henny A. Manafe akademisi dari UNWIRA menjadi moderator yang memandu kuliah umum.
 
Dalam sesi kuliah umum, secara umum ibu Destry Damayanti memaparkan mengenai fungsi dan tugas pokok Bank Indonesia, Stabilitas Moeneter, Stabilitas Sistem Keuangan, dan Sistem Pembayaran dan Pengaturan Uang Rupiah. Beliau menjelaskan seputar bank sentral dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Dalam kesempatan ini beliau menyoroti mengenai bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia, bonus demografi harus dimanfaatkan dengan baik agar tidak terjebak dalam middle income trap, ujarnya.
 
Selain itu, ibu Destry juga mensosialisasikan tujuan Bank Indonesia yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Tidak lupa dijelaskan pula mengenai inflasi, pentingnya menjaga inflasi yang rendah dan stabil untuk mencapai masyarakat Indonesia yang sejahtera. Disebutkan 4 langkah utama untuk menjaga inflasi yang disebut dengan 4K, yaitu:
1. Ketersediaan Pasokan
2. Keterjangkauan Harga
3. Kelancaran Distribusi
4. Komunikasi yang efektif.
 
Kegiatan kuliah umum tersebut dihadiri oleh 800 peserta yang terdiri dari civitas akademika UNWIRA, aparat pemerintah daerah, perbankan, dan otoritas lainnya.
 
Selain kuliah umum, kegiatan ini juga disinergikan dengan pelantikan pengurus ISEI Kupang, pemberian PSBI kepada 4 sekolah berupa bantuan sarana dan prasarana peresmian BI Corner.
 
 Kuliah Umum UNWIRA 1.jpg
Kuliah Umum UNWIRA 2.jpg

Kuliah Umum UNWIRA 3.jpg


Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel