Seminar dan Kajian Buku "Pasar Valuta Asing: Teori dan Praktik" - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
30 Januari 2020
Sebagai bentuk sumbangsih dan kontribusi nyata dalam pengembangan khasanah keilmuan, khususnya yang terkait dengan peran Bank Indonesia sebagai bank sentral, Bank Indonesia Institute menghadirkan buku “Pasar Valuta Asing: Teori dan Praktik” yang ditulis oleh Bp. Darsono dan Bp. R. Eki Rahman. Untuk mengkaji dan mendiskusikan isi buku, pada hari Jumat, 23 Agustus 2018 BI Institute menyelenggarakan Seminar dan Kajian  Buku Pasar Valuta Asing: Teori dan Praktik. Kegiatan bertempat di Ruang Kartini – Gedung D, Kampus Utama Bank Indonesia Institute, dan dihadiri oleh 100 peserta baik dari internal Bank Indonesia maupun stakeholders eksternal yaitu Kemenristekdikti dan kementerian terkait, praktisi serta akademisi dari Perguruan Tinggi di wilayah DKI Jakarta.
 
Dalam keynote speech yang disampaikan oleh Bp. Dody Budi Waluyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia, kehadiran buku ini dapat menjelaskan beberapa permasalahan yang ada di pasar valuta asing dan dapat memberikan gambaran upaya dan kebijakan yang dilakukan BI sampai dengan hari ini terkait dengan pendalaman pasar. Topik buku juga sangat relevan untuk dibahas di tengah perkembangan nilai tukar rupiah saat ini. Terlebih, tulisan buku tidak hanya mencakup teori, namun diperkaya dengan analisis empiris dan juga praktik juga ada selama ini.
 
Dalam sesi paparan seminar dan kajian, hadir tiga pembicara yaitu Bp. R.Eki Rahman (penulis buku “Pasar Valuta Asing Teori dan Praktik”, Deputi Direktur - BINS), Bp.Farial Anwar (pengamat dan pelaku pasar uang dan pasar modal), dan Bp.Brankoe Windoe (Ketua ACIFMA). Diskusi dipandu oleh Bp.Junanto Herdiawan (Direktur – DKom) yang hadir sebagai moderator. Dari paparan dan diskusi yang berlangsung, peserta dapat lebih memahami gambaran umum dari isi buku, baik dari teori nilai tukar, kondisi pasar keuangan saat ini, overview pasar valuta asing dan produknya, sampai dengan contoh praktik dan kasus pasar valuta asing yang pernah terjadi.
 
Kehadiran buku ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai pasar valuta asing. Dengan demikian, potensi risiko yang muncul karena ketidaktahuan dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai apa yang sedang terjadi di pasar valuta asing dapat diminimalisir.
 
Foto Kajian 1.jpg 
Foto kajian 2.jpg 
Foto kajian 3.jpg 
Foto kajian 4.jpg 
 
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel