Regional <em>Economic Leadership </em>bagi Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan II "Bersama Membangun Bangsa" - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
26 September 2020
JATINANGOR - BI Institute menyelenggarakan kegiatan Regional Economic Leadership (REL) Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan kedua, pada tanggal 11-13 September 2019, di Kampus Utama IPDN, Jatinangor, Kab.Sumedang, Jawa Barat.
 
Dibuka oleh Kepala BI Institute, Bapak Solikin M. Juhro dan Wakil Rektor IPDN Bapak Khasan Effendi, kegiatan ini berlangsung sebagai bentuk kerja sama BINS dan IPDN dalam konteks pengembangan calon pemimpin masa depan bangsa. Pada keynote speech- nya Bapak Solikin menekankan tentang posisi Indonesia di mata dunia dimana harus selalu siap dengan tantangan dunia bisnis yang  dikenal  bersifat volatile, uncertainty, complexity, and ambiguity (VUCA).
 
REL rutin diselenggarakan oleh BI Institute sebagai bagian dari dukungan pada penciptaan calon pemimpin ekonomi masa depan. Modul yang digunakan peserta kali ini merupakan derivasi dari modul pembelajaran REL sebelumnya yang telah dilaksanakan oleh BINS sebanyak empat angkatan dengan peserta para pimpinan daerah. Melalui modul ini peserta dibekali dengan pengetahuan mengenai Bauran Kebijakan Bank Indonesia, Sistem Pembayaran (Kapita Selekta), UMKM Go Digital, Digital Economy, Economic Leadership, Spiritual Revival, dan Isu Tematik.
 
Penyampaian materi tidak hanya disampaikan oleh pengajar dari BINS, namun juga melibatkan pemateri dari departemen lain dan juga lembaga terkait seperti Telkom dan Lemhanas. Kegiatan ini diikuti oleh 520 peserta yang terdiri dari 500 praja dan 20 dosen.
 
Pada penutupan kegiatan, Dekan Akademi Leadership dan General Management (ALGM) BINS Bapak A.Farid Aulia, menekankan bahwa praja sebagai calon pemimpin daerah harus siap dengan bermacam-macam situasi terutama di era digital. Hal tersebut disebabkan banyaknya perkembangan dan inovasi yang membuat tatanan hidup menjadi berbeda.
 
Sebelumnya, kegiatan serupa yang diperuntukkan bagi angkatan pertama sudah dilaksanakan pada 17-18 Januari 2019. Respon dan hasil evaluasi serta feedback yang baik dari peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang menjadi dasar untuk melaksanakan kembali kegiatan ini.
 
REL IPDN 3.jpg
REL IPDN 4.jpg

REL IPDN 2.jpg

REL IPDN 5.jpg

REL7.jpg


 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel