<em>16</em><sup><em>th</em></sup><em>  Open Lecture Series </em>"Analisis Ekonomi Berbasis Modeling: Aplikasi dan Interpretasi" - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
22 Januari 2020
Pada tanggal 5 November 2018, Bank Indonesia Institute (BI Institute) menyelenggarakan Open Lecture Series yang ke-16. Bertempat di ruang Kartini gedung D kampus utama BI Institute, Open lecture ke-16 ini mengangkat tema “Analisis Ekonomi Berbasis Modeling: Aplikasi dan Interpretasi” dengan narasumber Prof.Dr.Iwan Jaya Azis, beliau adalah Profesor dari Cornell University sejak tahun 1992.
 
Dalam sesi paparan, Profesor.Dr.Iwan Jaya Azis membahas mengenai perlunya analisis ekonomi dengan model baru untuk kondisi perekonomian saat ini yang semakin kompleks. Beliau menjelaskan  perbandingan antara sistem ekonomi sejak tahun 1970-an dengan yang sekarang kita hadapi, jika di tahun 1970-an sistem ekonomi di seluruh dunia masih sangat sederhana, dimana nilai tukar masih sangat mudah dikendalikan, berbeda halnya dengan sekarang dimana situasi ekonomi sudah semakin kompleks dan keterkaitan antar institusi, antar kebijakan, antar economic agent (misalnya bank dan perusahaan) semakin tinggi.  Kondisi di suatu kawasan akan berdampak pada kawasan lainnya, dalam kondisi seperti ini tentunya penggunaan analisis ekonomi dengan model yang lama sudah tidak lagi relevan.  Diperlukan suatu model yang mampu untuk menjelaskan fenomena ekonomi yang terjadi dan juga harus mampu untuk memprediksi kondisi ekonomi di masa mendatang.
 
Dengan topik yang sangat menarik dan juga narasumber yang expert di bdangnya, Open Lecture Series ke-16 ini berhasil menarik perhatian lebih dari seratus  orang peserta, yang berasal dari internal dan eksternal Bank Indonesia diantaranya dari perbankan, akademisi dari perguruan tinggi, serta institusi terkait seperti Kementerian Keuangan dan lembaga lainnya. BI Institute akan terus mengangkat tema-tema aktual dalam kegiatan open lecture berikutnya, sampai jumpa pada open lecture series ke-17 J .
 
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel