Berita PPID

BI Icon

Departemen Komunikasi​

2/28/2022 9:00 AM
Hits: 933

PPID BI Selenggarakan Webinar Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022


PPID Bank Indonesia - Jakarta, Februari 2022 – Seiring dengan perkembangan digitalisasi dan tingginya tuntutan masyarakat akan keterbukaan informasi, Badan publik terus dihadapkan dengan tantangan untuk menciptakan dan mengoptimalkan pelayanan, mengembangkan dan membangun sistem informasi dan dokumentasi serta dapat memberikan layanan yang extra-ordinary kepada publik di tengah tantangan pandemi covid-19 yang belum usai.

Berkaca dari pelaksanaan praktik keterbukaan informasi beberapa tahun ke belakang, serta raihan-raihan Bank Indonesia dalam implementasi keterbukaan informasi publik, BI berusaha untuk selalu comply terhadap UU KIP dengan tetap memperhatikan kondisi lingkungan terkini dan terus menciptakan inisiatif dari sisi people, process, and technology demi mewujudkan pelayanan Informasi publik terbaik di Bank Indonesia. Salah satu langkah yang ditempuh secara rutin dan dilakukan oleh Bank Indonesia adalah dengan adanya forum workshop pemutakhiran klasifikasi informasi setiap 1 (satu) tahun sekali dengan tujuan untuk menghasilkan daftar informasi publik yang terkini, kredibel, dan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai rangkaian workshop tersebut, diawali dengan Webinar Keterbukaan Informasi Publik dengan tema “Bangkit dan Optimis dalam Berinovasi untuk Meningkatkan Praktik Keterbukaan Informasi" pada tanggal 21 Februari 2022 yang dilakukan secara virtual dengan menghadirkan narasumber, Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, Gede Narayana dan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro, Boga Andri dengan moderator Nita Rachmenia, PPID Pelaksana Bank Indonesia. Adapun peserta berasal dari PPID Operasional (manajer dan steward informasi) seluruh satuan kerja Bank Indonesia baik di kantor pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI).

Menariknya, Junanto Herdiawan selaku PPID Utama BI membuka sesi webinar dengan mengilustrasikan pesan moral dalam serial drama Tinder Swindler dan Inventing Anna terkait penerapan prinsip transparansi yang berdampak pada kepercayaan (trust) publik. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan forum koordinasi, kolaborasi dan berbagi antar kementerian dan lembaga dalam upaya mendorong implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Webinar yang membahas tentang keterbukaan informasi ini, tentu erat kaitannya dengan transparansi badan publik, menurut paparan Gede Narayana, transparansi merupakan komitmen dan goodwill badan publik dalam manifestasi filosopi etik pada UU KIP yang dibarengi dengan peningkatan kreativitas dan inovasi untuk memperkuatnya. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan pentingnya sinergi antar badan publik untuk berkomitmen menjalankan ketebukaan informasi publik sebaik-baiknya, hal ini dapat terukur dari penyelenggaraan Monitoring dan Evaluasi (Monev) badan publik serta Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) yang bertujuan untuk melihat seberapa besar masyarakat merasakan kebermanfaatan informasi publik yang disediakan oleh setiap badan publik.

Menilik dari kesuksesan PPID Kementerian Pertanian dalam pengelolaan Layanan Informasi Publik, motivasi yang kuat untuk selalu mengedepankan transparansi informasi merupakan hal penting dalam pembangunan ekonomi nasional khususnya dibidang pertanian. Ia menuturkan bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam implementasi keterbukaan informasi publik, terdapat komitmen yang kuat dari pimpinan lembaga dan PPID Utama yang didukung kolaborasi serta sinergi di internal organisasi untuk membentuk sistem dan infrastruktur layanan informasi menjadi semakin kuat sehingga informasi yang disajikan, diberikan, dipublikasikan dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian maupun pembangunan nasional.

Lampiran
Kontak

​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 8/3/2022 3:38 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga