Informasi Rekanan - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
09 Desember 2019
  • Cara Mendaftar
  • Syarat-syarat
  • Kebijakan Vendor BI
  • Jadwal Verifikasi
  • Juknis Aplikasi
  •   

mekanisme.JPG  

 

​No ​Keterangan Pranala
​1 ​Persyaratan calon penyedia barang dan/atau jasa Dalam Negeri Syarat-dokumen-vendor-DN.pdfUnduh
​2 ​Persyaratan calon penyedia barang dan/atau jasa Luar Negeri Syarat-dokumen-vendor-LN.pdfUnduh
syarat-dokumen1.png

KEBIJAKAN UMUM PENYEDIA BARANG DAN/ATAU JASA BANK INDONESIA

Kebijakan Umum Penyedia Barang dan/atau Jasa Bank Indonesia adalah:

  1. Calon Penyedia Barang dan/atau Jasa, baik badan usaha maupun perorangan yang berkedudukan di dalam dan/atau luar negeri wajib terdaftar dalam aplikasi e-Procurement.
  2. Calon Penyedia barang dan/atau jasa wajib memenuhi seluruh ketentuan pendaftaran yang dipersyaratkan untuk menjadi Penyedia barang dan/atau jasa Bank Indonesia, untuk selanjutnya dilakukan proses kualifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank Indonesia.
  3. Calon penyedia Barang dan/atau Jasa di Bank Indonesia harus memenuhi persyaratan yaitu sebagai berikut:
    1. memiliki keahlian, pengalaman, dan kemampuan teknis serta manajemen sesuai dengan bidang usahanya;
    2. memiliki sumber daya manusia/tenaga ahli, modal, peralatan, dan fasilitas lain yang diperlukan dalam pelaksanaan penyediaan Barang dan/atau Jasa; dan
    3. tidak sedang dikenakan sanksi hukum atau terlibat kasus hukum yang dapat berdampak pada pelaksanaan pengadaan.
  4. Setiap calon penyedia barang dan/atau jasa memilih minimal 1 (satu) jenis bidang usaha.
  5. Penyedia barang dan/atau jasa wajib melakukan pengkinian data dan menginformasikan setiap adanya perubahan data/dokumen kepada Unit Kerja Pengelolaan Rekanan (jika terjadi perubahan pada data/dokumen yang memiliki masa berlaku seperti surat keterangan domisili usaha, data kontak, SIUP, TDP, sertifikat, dan/atau informasi lain yang dianggap perlu oleh Bank Indonesia).
  6. Apabila penyedia barang dan/atau jasa tidak melakukan pengkinian data maka tidak dapat mengikuti proses pengadaan barang dan/atau jasa di Bank Indonesia.
  7. Penyedia Barang dan/atau Jasa harus tunduk pada peraturan pengelolaan rekanan di Bank Indonesia.
  8. Dalam upaya mendorong peningkatan kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa, Bank Indonesia akan melakukan evaluasi kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa bedasarkan kriteria yang ditetapkan, antara lain meliputi aspek kualitas, waktu, kepatuhan, dan layanan.
  9. Hasil evaluasi kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa akan menjadi dasar dalam penetapan pemberian status penyedia barang dan/atau jasa yaitu baik, cukup, atau kurang atau pemberian sanksi.
  10. Apabila kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa berada pada status “kurang”, Bank Indonesia berhak untuk tidak mengikutsertakan penyedia Barang dan/atau Jasa tersebut pada proses pengadaan berikutnya.
  11. Bank Indonesia berhak menonaktifkan penyedia Barang dan/atau Jasa apabila:
    1. Penyedia Barang dan/atau Jasa bertindak sebagai broker atau perantara yang tidak memberikan nilai tambah.
    2. Melakukan pelanggaran atas ketentuan sebagaimana yang telah ditetapkan di Bank Indonesia.
    3. Tidak pernah ditunjuk sebagai pelaksana pekerjaan atau tidak pernah mengikuti proses pengadaan di Bank Indonesia paling kurang 3 (tiga) tahun terakhir.
  12. Hasil evalusi Pendaftaran Penyedia Barang dan/atau Jasa akan disampaikan melalui email kepada Penyedia Barang dan/atau Jasa. Keputusan atas hasil evaluasi pendaftaran Penyedia Barang dan/atau Jasa merupakan hak yang tidak dapat diganggu gugat.
  13. Bank Indonesia tidak memungut biaya apapun dari setiap proses pendaftaran Penyedia Barang dan/atau Jasa.
  14. Bank Indonesia berhak untuk melakukan penyesuaian, menambah dan/atau mengurangi ketentuan di dalam website ini, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jadwal Verifikasi Dokumen (Verification Schedule)

Jadwal Verifikasi dan/atau Kualifikasi Penyedia Barang dan/atau Jasa
  1. Proses verifikasi dokumen dan/atau kualifiaksi Penyedia Barang dan/atau Jasa dilakukan per triwulan yaitu pada Bulan Maret, Juni, September, dan Desember.
  2. Jadwal verifikasi dokumen dan/atau kualifiaksi Penyedia Barang dan/atau Jasa berlaku untuk Kantor Pusat Bank Indonesia dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Petunjuk Teknis


Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pengadaan barang dan jasa di Bank Indonesia, saat ini Bank Indonesia sedang mengembangkan aplikasi Enterprise Resources Planning (ERP) sebagai bagian dari proyek strategis Bimasakti. Modul i-Supplier Portal pada sistem ERP dimaksud akan menggantikan portal aplikasi BISPro (Bank Indonesia Sistem E-Procurement) yang digunakan saat ini untuk menyediakan informasi terkait proses pengadaan barang dan/atau jasa di Bank Indonesia. Diharapkan dengan implementasi ERP ini akan meningkatkan proses pengadaan agar lebih efektif, efisien, transparan, akuntable dan layanan prima.

Materi-Sosialiasi-ERP-Modul-i-Supplier.zipMateri Sosialiasi ERP Modul i-Supplier Portal Bank Indonesia Sebagai Pengganti Sistem BISPRO.zip

 

 

Show Left Panel