Kewajiban Penyelenggara - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
12 Desember 2019

Bank Indonesia mengatur penyelenggara sistem pembayaran memiliki pedoman tata cara secara umum penanganan pengaduan sebagai berikut;

  • Penyelenggara SP wajib memiliki Unit Kerja atau Fungsi yang Menangani dan Menyelesaikan Pengaduan, melalui;
    1. Membentuk unit kerja atau fungsi yang menangani dan menyelesaikan pengaduan meliputi penerimaan, penanganan, penyelesaian pengaduan dan memantau penanganan dan penyelesaian pengaduan.
    2. Dituangkan secara tertulis dalam mekanisme penanganan pengaduan (SOP).
    3. Memiliki mekanisme pelaporan internal penyelesaian pengaduan.
    4. Menugaskan personil yang berbeda untuk menangani dan menyelesaikan pengaduan dengan yang ditugasi untuk memantau penanganan dan penyelesaian pengaduan
     
  • Penyelenggara SP wajib memiliki Unit Kerja atau Fungsi yang Menangani dan Menyelesaikan Pengaduan, melalui; 
    1. Wajib menerima pengaduan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran baik secara lisan maupun tulisan.
    2. Penyelenggara wajib memiliki waktu penyelesaian SLA untuk pengaduan lisan dan Tertulis.
    3. Penyelenggara sistem pembayaran wajib menunjukkan prosedur pengaduan dengan tata cara tertulis kurang lebih sebagai berikut;
      1. mekanisme penerimaan pengaduan
      2. mekanisme penanganan pengaduan
      3. mekanisme prosedur pemantauan penanganan dan penyelesaian penanganan
    4. Mekanisme penerimaan pengaduan sebagaimana dijelaskan pada poin diatas harus disusun sedemikian rupa secara sistematis dalam suatu Standard Operating Prochedure/SOP dan ditetapkan oleh Direksi atau Pengurus Penyelenggara.
     
 

 

 

 

 
Show Left Panel