BI Icon

BI Institute​

9/26/2022 12:00 AM
Hits: 309

Digital Transformation The Way Forward Navigasi Kebijakan Bank Indonesia Menuju Indonesia Maju

Buku

Digital_Transformation_The_Way_Forward.PNG

Digitalisasi didorong oleh kemajuan teknologi digital termasuk intelegensia artifisial oleh perusahaan teknologi besar (BigTech) untuk menghadirkan jasa layanan pribadi dan ekonomi keuangan kapanpun dan dimanapun. Digitalisasi ekonomi keuangan dan sistem pembayaran berkembang sangat cepat dan terakselerasi pada masa pandemi covid-19. Transaksi ekonomi keuangan digital telah meluas ke berbagai lapisan masyarakat serta menjadi preferensi dan kebiasaan baru karena kemudahan, kecepatan, serta murahnya harga dan biaya transaksi. Namun, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran dan ekonomi-keuangan perlu disertai dengan literasi dan penyiapan infrastruktur yang memadai untuk memitigasi digital divide. Upaya mengurangi blind spot dan penguatan infrastruktur jaringan teknologi, informasi dan komunikasi merupakan kunci untuk inklusifitas layanan keuangan.

Pandemi Covid-19 meningkatkan kebutuhan percepatan pertumbuhan ekonomi-keuangan hijau (green economy and finance). Berbagai negara, termasuk Indonesia, telah berkomitmen untuk melakukan transmisi menuju ekonomi-keuangan hijau. Transmisi ini dilakukan guna memastikan semua aktivitas operasional bersifat ramah lingkungan.

Buku ini memaparkan tiga tema utama lingkungan strategis pada 2028. Pertama, perkembangan makroekonomi dengan akselerasi ekonomi yang sejalan dengan reformasi struktural didukung peran sektor keuangan. Kedua, akselerasi digital keuangan yang meningkatkan produktivitas sekaligus meningkatkan risiko. Ketiga, keuangan hijau dan inklusif dengan transisi menuju ekonomi keuangan hijau yang lebih akseleratif.



Lampiran
Kontak
Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​
Halaman ini terakhir diperbarui 10/31/2022 2:45 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga