Tentang Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
24 Agustus 2019

​TENTANG INDONESIA

Potensi Pariwisata
Sebagai negara kepulauan terbesar dunia, Indonesia memiliki berbagai potensi, terutama sumber daya alamnya. Indonesia terdiri dari 13.466 pulau tropis baik besar maupun kecil dengan pantai berpasir putih. Indonesia dianugerahi dengan lahan beragam, mulai dari persawahan, hutan hujan, tanah hijau, hingga gunung yang diselimuti salju. Dengan lebih dari 257 jiwa, Indonesia merupakan negara berpenduduk terbanyak ke-4 di dunia. Dari segi budaya, Indonesia memiliki kekayaan beragam mulai dari candi kuno, musik mulai dari tradisional hingga pop, tarian, ritual, dan kearifan lokal yang unik dari satu pulau ke pulau lainnya, dan satu daerah ke daerah lainnya.

Potensi Ekonomi
Indonesia merupakan salah satu negara anggota G20 serta merupakan kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Dalam dua dekade terakhir, Indonesia telah melakukan transformasi dan reformasi ekonomi ke arah yang lebih baik. Perbaikan yang dilakukan di berbagai sektor, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terjadi menyebabkan perekonomian Indonesia menunjukkan tren perkembangan yang cukup positif.

Saat ini, sedang dilaksanakan berbagai proyek infrastruktur di berbagai wilayah, yang akan mendorong laju perekonomian ke arah yang lebih positif. Di sisi lain, berbagai upaya reformasi dilakukan seperti deregulasi berbagai peraturan di bidang perpajakan, anti korupsi dan perbaikan investasi, yang didukung pula oleh situasi politik yang cukup stabil.

Berbagai hal yang dilakukan tersebut, menjadikan Indonesia sebagai negara yang reformed, resilient, and progressive sehingga mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Show Left Panel