Tentang IMF-WB - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
24 Agustus 2019

International Monetary Fund

  • International Monetary Fund (IMF)/Dana Moneter Internasional didirikan pada Juli tahun 1945 pada Konferensi PBB di Bretton Woods, New Hampshire AS, dimana perwakilan 45 pemerintah menyetujui suatu ”kerangka kerjasama ekonomi” yang dirancang untuk menghindari terulangnya kebijakan ekonomi buruk yang turut mengakibatkan Depresi Besar (Great Depression) di tahun 1930an. Markas besar IMF terletak di Washington DC, Amerika Serikat.
  • Markas besar IMF terletak di Washington DC, Amerika Serikat. IMF terdiri dari 189 negara anggota dimana setiap anggota membayarkan iuran wajib yang akan menentukan kuota dan hak suara anggota di IMF. Setiap negara anggota memiliki kuota yang menggambarkan posisi relatif terhadap negara lainnya. Kuota tersebut membentuk dana cadangan yang dapat dipinjam oleh negara-negara anggota yang sedang mengalami kesulitan dalam neraca pembayarannya. 
  • IMF merupakan organisasi internasional yang memiliki tujuan, antara lain:
    - mendorong kerjasama internasional dan mengamankan stabilitas keuangan
    - memfasilitasi perdagangan internasional
    - mendorong pertumbuhan perekonomian yang berkelanjutan serta penyerapan tenaga kerja yang tinggi, dan
    - mengurangi kemiskinan di dunia
  • Keanggotaan Indonesia di IMF  proses tidak langsung dari keanggotaan RI di PBB sejak 28 September 1950. Pada 10 September 1952, Dewan Gubernur IMF dan IBRD menyetujui resolusi peraturan dan syarat Indonesia menjadi anggota IMF. Indonesia menerima dan menandatangani pada pertengahan 1953 (resmi anggota IMF), disahkan dengan UU No 5 Tahun 1954 tentang Keanggotaan RI dari IMF dan IBRD.

World Bank

  • World Bank (WB)/Bank Dunia didirikan pada Juli 1944 (hasil Konperensi Bretton Woods pada tanggal 1-22 Juli 1944), dan baru dinyatakan berdiri pada tanggal 1 Mei 1945 dengan Kantor Pusat di Washington, D.C. mempunyai lebih dari 10,000 pegawai pada lebih dari 120 kantor di seluruh dunia.
  • WB merupakan sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal, dengan tujuan untuk pengurangan kemiskinan (poverty reduction). Seluruh keputusan WB harus diarahkan untuk mempromosikan investasi luar negeri, perdagangan internasional dan memfasilitasi investasi modal.
  • The World Bank Group (WBG) terdiri dari 5 organisasi:
    - The International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) didirikan tahun 1945, memberi pinjaman dan bantuan pembangunan bagi negara berpenghasilan menengah
    - The International Development Association (IDA) didirikan tahun 1960, memberi kredit lunak dan mitra pembangunan untuk negara miskin
    - The International Finance Corporation (IFC) didirikan tahun 1956, merupakan lembaga pembangunan global terbesar yang fokus kepada private sector.
    - The Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) dibentuk tahun 1988, untuk mempromosikan FDI (Foreign Direct Investment) kepada developing countries untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
    - The International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) didirikan 1965, memberi bantuan arbitrasi dan penyelesaian atas permasalahan investasi di negara-negara anggota.
  • Tanggal 15 April 1954 Indonesia masuk menjadi anggota IBRD (berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1954 tentang Keanggotaan RI dari IMF dan IBRD), namun karena kondisi politik, Indonesia menarik diri dari keanggotaannya pada 17 Agustus 1965. Indonesia masuk kembali menjadi anggota IBRD pada bulan September 1966 sehubungan pergantian pemerintah dari Orde Lama ke Orde Baru
Show Left Panel