FAQ Topikal - Bank Sentral Republik Indonesia
22 September 2019
Home   >    FAQ   >    Topikal

FAQ Topikal



Kategori
1.  Q:  Mekanisme dalam hal terjadi dispute data IDI?
A:  Sumber data berasal dari pelapor SID: bank umum, BPR/S dan Perusahaan Pembiayaan. BI hanya mengelola data tersebut ke dalam basisdata di BI namun tidak dapat melakukan perubahan terhadap data tersebut. Koreksi data hanya dapat dilakukan melalui koreksi dari pelapor SID. Untuk lebih jelasnya dapat melihat website BI (Credit Bureau) dengan alamat http://www.bi.go.id
2.  Q:  Apakah data IDI dapat diprint-out?
A:  Output IDI dapat dicetak.
3.  Q:  Apakah masyarakat dapat mengetahui NPL dari Perbankan?
A:  Data statistik perbankan dapat diakses di website BI dengan alamat: http://www.bi.go.id.
4.  Q:  Debitur telah dihapus bukukan tetapi masih dipertanyakan oleh bank pemberi kredit mengenai data ibu kandung. Mengapa hal tsb dipertanyakan?
A:  Guna meningkatkan keakuratan data SID, seluruh Pelapor diminta untuk melengkapi data-datanya. Pertanyaan mengenai ibu kandung terhadap debitur yang telah dihapus buku juga terkait dengan upaya peningkatan kelengkapan data tsb.
5.  Q:  Debitur yang memiliki kredit macet namun memiliki account lain yang dapat dipergunakan untuk menutupi kredit macet tsb, apakah hal tsb dimungkinkan?
A:  Semua informasi mengenai penyediaan dana yang dilakukan oleh Pelapor, dilaporkan ke dalam SID. Pengecekan IDI antara lain dalam rangka pengambilan keputusan pemberian penyediaan dana. Segala keputusan yang diambil sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing Pelapor. Sehingga tanggung jawab sepenuhnya berada pada Pelapor
1 2 3 
Show Left Panel