Kuliah Umum Kebanksentralan di Universitas Sumatera Utara - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
September 23, 2020

Kuliah Umum Kebanksentralan di Universitas Sumatera Utara​

Medan, 28 Februari 2018

Dalam rangka memberikan edukasi kepada kalangan Perguruan Tinggi pada tanggal 28 Februari 2018 lalu, Institut Bank Indonesia (BINS) bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan kuliah umum kebanksentralan di Kota Medan, Sumatera Utara. Bertempat di gelanggang mahasiswa USU, kuliah umum kebanksentralan kali ini mengangkat topik “Regulasi Ekonomi dalam Meningkatkan Pembangunan di Daerah”. Materi tersebut disampaikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ibu Rosmaya Hadi.

Lebih dari 500 peserta hadir dalam kuliah umum ini, peserta berasal dari civitas akademika USU yakni mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen USU, serta akademisi dari Perguruan Tinggi disekitar Sumatera, Instansi daerah dan industri perbankan setempat.

Dalam kuliah umum, Ibu Rosmaya memaparkan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut seiring dengan pemulihan ekonomi global dan menguatnya permintaan domestik diiringi dengan inflasi yang terjaga. Selain itu, revolusi digital yang berkembang pesat juga turut mendorong pertumbuhan teknologi finansial di Indonesia. Namun di sisi lain, ekspektasi kenaikan suku bunga AS memberikan tekanan kepada Rupiah.

Di sisi regional, pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara (Sumut) (5.12% YoY) tercatat lebih tinggi dari nasional (5,07% YoY) dengan inflasi Sumut (3.45%) yang terkendali namun sedikit lebih tinggi dari Nasional (3.25% YoY). Beberapa tantangan yang dihadapi Sumut saat ini antara lain adalah masih tingginya ketergantungan perekonomian Sumatera Utara terhadap sektor komoditas. Ibu Rosmaya Hadi mengungkapkan perlunya diversifikasi dan pengembangan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru di Sumut.

Menghadapi tantangan-tantangan tersebut, BI menerapkan bauran kebijakan yang terdiri dari kebijakan moneter yang kredibel dan konsisten, kebijakan makroprudensial yang robust dan stabil, serta kebijakan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah yang inovatif dan well governed. Bauran kebijakan tersebut sangat vital perannya dalam pencapaian visi Bank Indonesia yaitu inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil.

Selanjutnya disampaikan bahwa perkembangan teknologi finansial (Fintech) juga menjadi salah satu fokus perhatian BI saat ini. Hal ini dikarenakan inovasi-inovasi keuangan tersebut, selain membawa efisiensi dalam sistem keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi, juga dapat menjadi sumber risiko apabila tidak dikelola dengan baik. Untuk itu, BI telah mendirikan Fintech Office pada November 2016 dan menyediakan platform uji coba teknologi bagi pelaku Fintech yang dikenal dengan sebutan Regulatory Sandbox pada November 2017.

Pada acara kuliah umum kebanksentralan ini dirangkaikan dengan kegiatan bedah buku sejarah “Berjuang Dengan Uang: Mempertahankan dan Memajukan Republik Indonesia Semangat Juang Otoritas dan Masyarakat Sumatera Utara” dan Training of Trainers (ToT) untuk para Dosen Perguruan Tinggi pengampu mata kuliah kebanksentralan.

Buku sejarah “Berjuang Dengan Uang: Mempertahankan dan Memajukan Republik Indonesia Semangat Juang Otoritas dan Masyarakat Sumatera Utara” merupakan salah satu produk Bank Indonesia yang membahas secara mendalam mengenai sejarah peredaran uang di Sumatera Utara serta mengenai bangunan heritage yang terkait dengan uang di Sumatera Utara. Bagi pembaca yang berminat, buku tersebut dapat diunduh di link https://www.bi.go.id/id/institute/publikasi/buku/Default.aspx

Dengan terselenggaranya rangkaian acara di Sumatera Utara ini, diharapkan koordinasi dan kolaborasi antara Bank Indonesia dan Universitas Sumatera Utara akan semakin efektif dalam memajukan edukasi Kebanksentralan di kalangan Perguruan Tinggi di Indonesia.

 

1.png 
 
2.png 
 

 

 Galeri Foto
foto 1.jpg 
 
foto 2.jpg 
 
foto 3.jpg 
 
foto 4.jpg 
 
foto 5.jpg 
 
foto 6.jpg 
foto 7.jpg 
 
foto 8.jpg 
 
 
Peserta ToT
No
Nama
Perguruan Tinggi
1
Syarif Fauzie, SE.,M.Si.,Ak.,CA
Universitas Sumatera Utara
2
Wahyu Sugeng, SE.,M.Si
Universitas Sumatera Utara
3
Drs.Coki Ahmad Syahwier,MP
Universitas Sumatera Utara
4
Diana Sapha AH,SE.,M.Si
Universitas Syiah Kuala
5
Cut Zakia Rizki,SE.,M.Si
Universitas Syiah Kuala
6
Israyeni,SE.,M.S.E
Universitas Negeri Padang
7
Yollit Permata Sari,SE.,M.Si
Universitas Negeri Padang
8
Anthony Mayes, SE, M.Si
Universitas Riau
9
Rahmat Richard, SE.,M.Si
Universitas Riau
10
Yohannes VYN Amzar, SE.,M.Si
Universitas Jambi
11
Yusnida
Universitas Bengkulu
12
Ratu Eva Febriani, SE.,M.Sc
Universitas Bengkulu
13
Christianingrum,S.Pd.,MM
Universitas Bangka Belitung
14
Imam Asngari, SE.,M.Si
Universitas Sriwijaya
15
Liliana, SE, Msi
Universitas Sriwijaya
16
Prof.Dr.Taufiq Marwa,M.Si
Universitas Sriwijaya
17
Dr.Listiana Sri Mulatsih,SE.,MM
Universitas Bung Hatta Padang
18
Nurul Huda,SE.,M.Si
Universitas Bung Hatta Padang
19
Winata Wira,SE.,M.Ec
Universitas Maritim Raja Ali Haji
20
Irsadunas, SE.,MM
UIN Imam Bonjol Padang
21
Roni Andespa, SE.,MM
UIN Imam Bonjol Padang
22
Dr.Fitrawaty,M.Si
Universitas Negeri Medan
23
M.Nelson Pinem,ST.,MM
Universitas Islam Sumatera Utara
24
Anwar Sanusi
Universitas Pembangunan Panca Budi
25
Nancy Nopeline, SE.,M.Si
Universitas HKBP Nommensen
26
Dame Esther M.Hutabarat,SP.,MM
Universitas HKBP Nommensen
27
A.Mahendra,SE.,M.Si
Universitas Katholik Santo Thomas
28
Suardi,SE.,MM
Universitas Dharmawangsa
29
Gadiesya Mahalanie,SE.,M.Si
Universitas Medan Area
30
Toga Sehat Sihite
Universitas Simalungan
31
Syarief
Universitas Sumatera Utara
32
Paidi Hidayat, SE.,M.Si
Universitas Sumatera Utara
 

 

Tags:  

Survey

Is this article give you useful information?
Rate this article:
Comment:
Show Left Panel