Kerjasama BI Institute dan IMF dalam Peluncuran Buku "Realizing Indonesia's Economic Potential" - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
September 29, 2020
Sebagai rangkaian kegiatan Voyage to Indonesia 2018, Bank Indonesia Institute bekerja sama dengan IMF menyelenggarakan kegiatan IMF Book Launch dengan judul “Realizing Indonesia’s Economic Potential”. Peluncuran dilaksanakan pada Kamis, 4 Oktober 2018. di Ruang Serbaguna – Bank Indonesia. Kegiatan dihadiri lebih dari 180 peserta yang terdiri internal Bank Indonesia, instansi terkait (a.l BAPPENAS, Kementerian Keuangan, dan Kemenko Perekonomian), lembaga penelitian (a.l LPEM – FEB UI dan CSIS), perbankan, perwakilan kedutaan besar, akademisi dan media.
 
Gubernur Bank Indonesia, Bp. Perry Warjiyo, dalam pembukaan menyampaikan 4 (empat) hal yang menarik dari buku yang diluncurkan. Pertama, buku ini menjelaskan berbagai reformasi yang telah dilakukan Indonesia untuk meningkatkan ketahanan perekonomian, baik perbankan dan keuangan, moneter, fiskal dan struktural. Kedua, buku ini memaparkan besarnya potensi ekonomi Indonesia yang terus tumbuh hingga 6,5%, Ketiga, melalui buku ini kita juga dapat mempelajari berbagai kebijakan terkait infrastruktur, ekonomi digital, pendalaman pasar keuangan dan reformasi institusi.  Dan terakhir, buku ini juga diperkaya dengan reformasi yang berlangsung di IMF, seperti prinsip one size fits all pada rekomendasi kebijakan IMF yang saat ini sudah beralih dengan rekomendasi yang memperhitungkan karakteristik dari perekonomian negara tertentu.
 
Hadir dalam peluncuran Mr. Luis M. Breuer yang merupakan salah satu editor dari buku ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan  bahwa selama dua dekade terakhir Indonesia menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam politik, ekonomi dan sosial. Indonesia juga terus melakukan berbagai reformasi di berbagai bidang. Perubahan ini mendorong perekonomian tumbuh dan memiliki ketahanan yang baik (resilient). Selanjutnya, Indonesia perlu memodernisasi kerangka kebijakan dan menerapkan critical reforms untuk meningkatkan ketahanan ekonomi,  Buku ini akan mendiskusikan lebih dalam mengenai kebijakan fiskal dan moneter dan reformasi struktural, termasuk juga tren ekonomi digital.
 
Acara peluncuran buku juga diperkaya dengan diskusi panel yang dipandu oleh Mr. Kenneth Kang (Deputy Director, Asia Pacific Department, IMF).  Hadir sebagai panelis adalah Bp. Mirza Adityaswara (Deputi Gubernur Senior), Bp. Suahasil Nazara (Kepala BKF), Bp. Raden Pardede (Board Member PT. BCA Tbk.), dan Mr. Changyong Rhee (Director, Asia Pacific Department IMF). Diskusi membahas mengenai mengenai tantangan perekonomian dan rekomendasi kebijakan baik dalam jangka menengah-panjang maupun dalam jangka pendek.
 
Beberapa hal utama yang dapat disimpulkan dari diskusi panel adalah pertama, pentingnya program Financial Deepening sebagai salah satu unsur penting dalam program jangka panjang reformasi struktural. Kedua adalah penting untuk melihat kebijakan fiskal dalam perspektif jangka menengah dan panjang termasuk sisi distribusi fiskal dan strategi pembiayaan defisit fiskal dengan mencari sumber-sumber pembiayaan melalui pemetaan tax structure sebagai dasar untuk melakukan reformasi pajak. Ketiga, perlunya adanya penyesuaian beberapa regulasi diantaranya yang terkait dengan pasar modal untuk meningkatkan kepemilikan domestik terhadap obligasi Pemerintah dan menghindari risiko capital outflow. Keempat, perlunya peningkatan partisipasi seperti swasta dalam pembangunan infrastruktur seperti privatisasi proyek infrastruktur yang telah selesai dibangun, dan mendorong perbankan mencari sumber dana jangka panjang diantaranya melalui penerbitan obligasi guna mengurangi risiko liquidity mismatch. Dan  terakhir, Indonesia harus menyelesaikan reformasi tahap 2.0 yaitu memberdayakan potensi ekonomi yang dimiliki.
 
Acara ditutup dengan penyampaian token of apreciation dari Bp. Mirza Adityaswara kepada moderator dan seluruh panelis. Bagi yang ingin membaca buku secara keseluruhan, dapat diunduh melalui website IMF dengan link berikut https://www.elibrary.imf.org/view/IMF071/24870-9781484337141/24870-9781484337141/24870-9781484337141.xml
 
 
Realizing Indonesia's Economic Potential 1.jpg
 
Realizing Indonesia's Economic Potential 2.jpg

Realizing Indonesia's Economic Potential 3.jpg 
Tags:  

Survey

Is this article give you useful information?
Rate this article:
Comment:
Show Left Panel