Open Lecture series ke 21 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
October 21, 2020
Kampus Utama BINS Gedung D – Jakarta. Bank Indonesia Institute (BINS) menyelenggarakan Open Lecture Series (OLS) yang ke-21 pada hari Rabu, 24 Juli 2019.  Pada kesempatan kali ini, BI Institute bekerjasama dengan NeuroLeadership Foundation (NLF). Tema yang diangkat pada OLS kali ini adalah “Menggerakan Inovasi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru berbasis Human Capital Intelligence & Wisdom”. Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Solikin M. Juhro (Kepala BI Institute), H. Syahrul Yasin Limpo (Tim Penasihat senior pada kantor Staf Presiden RI), dan Prof. Taruna Ikrar (pakar neurosains & Co-Founder Neuroleadership Indonesia).
 
Dilatarbelakangi neuroLeadership sebagai manifestasi dari neurosains, OLS mengambil tema peran kepemimpinan yang krusial di dalam suatu negara yang membutuhkan pertumbuhan inovasi (innovation-based growth). Untuk itu perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kecerdasan secara holistik, baik secara intelektual, emosional, sosial, dan spiritual, berintegritas serta memiliki wisdom.  Selain itu, kepemimpinan memiliki peran penting dalam orkestrasi inovasi. Orkestrasi inovasi ini perlu dilakukan secara strategis dengan memastikan adanya pembekalan untuk berpikir inovatif di tingkat individu, perwujudan keberagaman berpikir dan kolaborasi internal yang baik di tingkat tim, serta institusionalisasi inovasi di tingkat organisasi.
 
Pembahasan mengenai  neuroLeadership ini dinilai penting mengingat dunia memasuki era yang hyperconnected, dimana permasalahan yang muncul akan semakin kompleks dan sulit diurai. Maka dari itu, peran transformational leadership yang efektif sangat penting diberlakukan dalam menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi baru. NeuroLeadership membentuk kepemimpinan berbasis otak yang terus belajar dalam mengambil berbagai keputusan. Hal ini berbasis dari kinerja 3 bagian inti di otak: Prefrontal Cortex (PFC), Sistem limbik dan neurotransmiter yang akan dilatih dalam NeuroLeadership.
 
Dengan topik yang sangat timely, OLS dihadiri lebih dari 100 peserta yang berasal dari internal dan eksternal Bank Indonesia antara lain dari staf DPR RI,  akademisi dari beberapa perguruan tinggi, institusi terkait seperti Kementerian Keuangan dan lembaga lainnya. Diharapkan dengan diselenggarakannya open lecture yang ke-21 dapat meningkatkan awareness pegawai BI dan para stakeholder terhadap tantangan ekonomi ke depan dan memberi tambahan pengetahuan yang akan memperkaya analisis dalam pengambilan kebijakan.
 
 
 
OLS21.jpg

 
 
 
 
Tags:  

Survey

Is this article give you useful information?
Rate this article:
Comment:
Show Left Panel