COVID-19

Start;bukan default.aspx

Beranda

covid-19.jpg

 

Berita Rilis

Live Streaming


Live Streaming Perkembangan Ekonomi Terkini - 5 Juni 2020


Penyesuaian Ketentuan

Penyesuaian pelaksanaan beberapa ketentuan Bank Indonesia sebagai dampak Pamdemi Corona Visue 2019 (COVID-19)

Materi Edukasi


Edukasi Sistem Pembayaran Tunai Saat COVID-19


 Edukasi Sistem Pembayaran Non Tunai Saat COVID-19


Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK)


Bertransaksi Daring menggunakan Mobile/Internet Banking

Publikasi Khusus


LAPORAN SURVEI PERMINTAAN DAN PENAWARAN PEMBIAYAAN PERBANKAN




Tanya Jawab



  1. Prinsip dalam darurat Covid-19, setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP)/Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) agar mendukung kebijakan Pemerintah untuk membatasi penyebaran Covid-19. Setiap PJSP/PJPUR dalam melaksanakan tugas operasional kritikal untuk menjaga keberlangsungan operasional Sistem Pembayaran yang aman, lancar, efisien, dan andal, serta memastikan ketersediaan uang Rupiah di masyarakat.

  2. Dalam melaksanakan tugas operasional kritikal tersebut, tetap memperhatikan aspek kemanusiaan dan keselamatan karyawan dengan memitigasi risiko penyebaran Covid-19.
  3. Surat BI No. 22/3/DpG-DKSP/Srt/B dan No.22/5/DpG-DKSP/Srt/B dapat dipergunakan oleh Bank : i) untuk memastikan operasionalitas dan pergerakan karyawan yang ditugaskan menjalankan tugas kritikal tersebut, dan ii) sebagai dasar berkoordinasi dengan otoritas yang berwenang menetapkan langkah- langkah pembatasan penyebaran COVID-19.
  1. PJSP/PJ PUR dapat membuat surat penugasan kepada karyawan untuk menjalankan tugas operasional kritikal. Surat tsb dapat dipergunakan untuk berkoordinasi dengan aparat pemangku kepentingan yang berwenang menetapkan langkah-langkah pembatasan penyebaran covid 19.

  2. BI juga telah menyampaikan surat tsb kepada seluruh Pimpinan Pemda (Gubernur/Bupati) dan Kapolda/Kapolres).

Prinsip untuk mendukung kebijakan pemerintah guna membatasi penyebaran Covid-19, PJSP/PJ PUR peserta Sistem Pembayaran dan Financial Market Infrastructure BI agar :

  1. Tetap menjaga keberlangsungan operasional Sistem Pembayaran secara aman, lancar efisien, dan andal, serta memastikan ketersediaan uang Rupiah di masyarakat.

  2. Upaya tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan karyawan guna memitigasi resiko.