Ikhtisar - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
28 Maret 2017

PEDOMAN UMUM SANDI LAPORAN

 

Sejalan dengan transformasi di bidang Manajemen Informasi di Bank Indonesia, telah dilakukan beberapa upaya yang relevan antara lain menyempurnakan sistem pelaporan bank, baik dengan mengevaluasi kembali jumlah dan jenis laporan bank, kemungkinan duplikasi data pada laporan bank, pemberian sandi (code) konten laporan, mekanisme penyampaian laporan bank maupun pengelolaan laporan bank di Bank Indonesia. Integrasi informasi baik dalam bentuk penggabungan/konsolidasi maupun untuk keperluan penyusunan statistik ekonomi moneter, pengawasan bank dan monitoring pasar, secara teknis memerlukan instrumen yang unique sehingga memudahkan dalam proses integrasi tersebut.

 

Salah satu instrumen yang masih perlu disempurnakan adalah sandi-sandi yang digunakan dalam laporan kepada Bank Indoensia, antara lain sandi pelapor, sandi negara, sandi valuta dan lain-lain. Dalam beberapa laporan bank, masih ditemukan penggunaan beberapa sandi tertentu yang ternyata berbeda, antara lain sandi valuta Rupiah masih tertulis sandi 700 dan IDR. Kondisi ini sangat menyulitkan bank dalam menyusun laporan, karena identitas dari suatu data atau informasi dapat berbeda antara satu laporan dengan laporan lain. Seharusnya penggunaan setiap sandi dilakukan seragam oleh seluruh jenis laporan bank.

 

Sebagai langkah konkrit dalam upaya penyeragaman sandi-sandi yang digunakan pada laporan bank, Bank Indonesia telah melakukan penyempurnaan atas standarisasi sandi-sandi dimaksud dalam bentuk pedoman, yang disebut Pedoman Umum Sandi laporan (PUSL) yang mengacu kepada best practice dan pelaksanaan operasional di Bank selama ini. Mengingat PUSL ini juga merupakan elemen yang sangat penting bagi bank dalam menyusun dan menyampaikan laporan kepada Bank Indonesia, PUSL dipublikasikan pada website Bank Indonesia sehingga memudahkan bank untuk mengetahui, dan senantiasa dapat memonitor apabila terdapat pengkinian terhadap PUSL. Sistematika PUSL terdiri atas:

 
  1. Sandi Kategori Ekonomi
  2. Sandi Negara dan Valuta (mata uang)
  3. Sandi Bank Umum
  4. Sandi Bank Perkreditan Rakyat
  5. Sandi Perusahaan Pembiayaan
  6. Sandi Lembaga Keuangan Non Bank di luar Perusahaan Pembiayaan dan Perusahaan Bukan Lembaga Keuangan
  7. Sandi Pihak Ketiga Bukan Bank sebagai Counterpart
  8. Sandi Individual Bank dan Non Bank di Luar Negeri sebagai Counterpart
  9. Sandi Lokasi
 

 

Show Left Panel