Bank Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 September 2017
 

 Content Editor

 

 
PELAYANAN KAS YANG DISELENGGARAKAN  OLEH BANK INDONESIA
 
Sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia menyelenggarakan pelayanan perkasan di setiap satuan kerja kas berupa penerimaan setoran dan penarikan uang oleh bank-bank umum dan bendaharawan proyek pemerintah yang memiliki rekening di Bank Indonesia, serta pelayanan penukaran uang kepada masyarakat dan perbankan. Selain itu Bank Indonesia menyediakan pelayanan kas di luar kantor berupa kas keliling, kas titipan dan kerjasama penukaran dengan pihak ketiga.
 
Layanan Kas Dalam Kantor
Pelayanan penukaran uang Rupiah dilakukan di seluruh satuan kerja kas Bank Indonesia yaitu di 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia.  Waktu pelayanan penukaran uang oleh Bank Indonesia pada umumnya ditentukan jadwalnya pada hari-hari tertentu yang dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 11.30 waktu setempat. Pada periode menjelang hari raya keagamaan, Bank Indonesia melakukan pelayanan penukaran setiap hari kerja. Layanan penukaran uang meliputi penukaran uang layak edar atau uang tidak layak edar (lusuh, cacat, dan rusak) dengan uang yang masih layak edar dalam pecahan yang sama atau pecahan lain serta penukaran uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran yang masih berlaku masa penukarannya. 
 
Layanan Kas Keliling
Pelayanan kas keliling dilakukan oleh Kantor Pusat dan hampir seluruh Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia, baik yang berlokasi di pusat-pusat keramaian seperti pasar, pameran, dan perguruan tinggi, maupun kerja sama dengan institusi lain seperti dengan PT. Kereta Api Indonesia dengan menyelenggarakan kegiatan kas keliling di stasiun KA. Kegiatan kas keliling juga dilakukan oleh Bank Indonesia di wilayah terpencil dan terdepan Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Kementerian Sosial, serta dengan TNI – Angkatan Laut.
 
Layanan Kas Titipan
Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai terutama di daerah terpencil,  Bank Indonesia juga bekerjasama dengan bank umum di beberapa Provinsi di Indonesia untuk melakukan kegiatan kas titipan. Sampai dengan bulan Agustus 2017, terdapat 86 lokasi layanan kas titipan yang diselenggarakan oleh BI bekerjasama dengan beberapa bank umum.
 
Layanan Penjualan URK (Uang Rupiah Khusus)
Dalam rangka menandai suatu era baru dalam pengeluaran seluruh pecahan uang Rupiah kertas sebagai mata uang Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang serta upaya dalam mengembangkan kegiatan numismatika di Indonesia, Bank Indonesia menerbitkan uang Rupiah khusus/URK dalam bentuk uang bersambung (uncut banknotes) isi 2 (dua) lembar dan 4 (empat) lembar untuk pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 TE 2016.
Bagi masyarakat yang berminat untuk mendapatkan URK TE 2016 dapat memperolehnya di seluruh Kantor Bank Indonesia yang mempunyai fungsi pengelolaan uang Rupiah dengan tata cara sebagai berikut:
1. Masyarakat dapat datang langsung ke loket kas Kantor Bank Indonesia *) di seluruh Indonesia dengan ketentuan pembelian sbb:
  • Pembelian tidak dapat diwakilkan dan wajib membawa identitas diri (KTP asli) yang bersangkutan.
  • Pembelian hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali untuk setiap pemilik KTP.
  • Masyarakat hanya dapat memilih 1 (satu) buah URK TE 2016.- Mengingat jumlah yang diterbitkan terbatas, maka pelayanan akan diberikan berdasarkan prinsip “pesanan lebih awal akan dilayani lebih dahulu” (first come, first served) berdasarkan sistem antrian, selama persediaan masih ada.
  • Transaksi hanya dapat dilakukan secara tunai.
2. Alur pembelian URK TE 2016 di loket kas Kantor Bank Indonesia adalah sbb:
  • Pembeli mengambil nomor antrian kemudian menunggu dipanggil untuk menunjukkan nomor antrian dan KTP asli.
  • Pembeli mengisi formulir pembelian URK yang telah disediakan.
  • Pembeli menyetorkan uang pembelian URK beserta pajak pembeliannya (dengan uang pas).
  • Pembeli menunggu URK di tempat yang telah disediakan.
  • Pembeli dipanggil ke loket untuk menerima URK
  • Pembeli memeriksa kondisi URK dan kemasan URK serta kesesuaian nomor seri URK dengan sertifikat sebelum meninggalkan loket.
3. Biaya untuk memperoleh URK TE 2016 adalah sebagai berikut:
Uncut-Banknotes-2017.JPG  
 
Informasi lebih lanjut mengenai cara memperoleh URK TE 2016 tersebut dapat menghubungi contact center Bank Indonesia di nomor telp (021) 131.
 
Penjualan URK TE 2016 diselenggarakan di seluruh Kantor Bank Indonesia pada jam layanan kas mulai pukul  09.00 s.d. 11.30 waktu setempat dan jadwal layanan kas dapat menghubungi Kantor Bank Indonesia terdekat.
 
 
Show Left Panel