Survei Konsumen Januari 2018 : Optimisme Konsumen Tetap Terjaga - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
20 Februari 2018

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Januari 2018 mengindikasikan keyakinan konsumen masih tetap berada pada level optimis. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2018 sebesar 126,1, tidak berbeda signifikan dari 126,4 pada bulan sebelumnya.

Tetap terjaganya optimisme konsumen tersebut ditopang terutama oleh kenaikan penghasilan saat ini dan kenaikan ekspektasi penghasilan pada 6 bulan mendatang. Di sisi lain, persepsi konsumen terhadap ketepatan waktu pembelian barang tahan lama dan perkiraan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang mengalami penurunan.

Hasil Survei juga mengindikasikan perkiraan konsumen akan melemahnya tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (April 2018), tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang turun 2,1 poin menjadi 171,1. Hal tersebut dipengaruhi oleh meredanya kekhawatiran konsumen terhadap kenaikan harga BBM dan tarif listrik, serta perkiraan membaiknya ketersediaan bahan pangan. Meski demikian, pada 6 bulan mendatang (Juli 2018), konsumen memperkirakan adanya peningkatan tekanan kenaikan harga seiring dengan belum lancarnya distribusi barang pasca hari raya Idul Fitri.

Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Konsumen di website Bank Indonesia.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel