Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Maluku Utara Triwulan I-2016 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
16 Desember 2017

Perekonomian Maluku Utara pada triwulan I tumbuh sebesar 5,09% (yoy), lebih rendah dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 6,05% (yoy). Meski melambat, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara pada triwulan laporan lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat sebesar 4,92% (yoy). Pertumbuhan pada triwulan I-2016 utamanya didorong oleh sektor perdagangan besar dan eceran, sektor administrasi pemerintahan, dan sektor konstruksi yang masing-masing memiliki andil sebesar 1,13%, 1,05%, dan 0,80%.

Dari sisi penggunaan, perlambatan pertumbuhan ekonomi bersumber dari penurunan konsumsi Pemerintah yang sesuai dengan pola musimannya. Selain itu, pembentukan modal tetap bruto juga mengalami perlambatan dibandingkan triwulan sebelumnya. Sementara dari sisi penawaran, perlambatan pertumbuhan terjadi pada sebagian besar sektor perekonomian. Meski pertumbuhan ekonomi mengalami perlambatan, hampir semua sektor masih menunjukkan pertumbuhan tahunan yang positif, kecuali sektor Pertambangan & Penggalian.

Inflasi pada triwulan I-2016 relatif lebih baik dibandingkan dengan inflasi triwulan yang sama pada tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 7,92% (yoy). Dibandingkan dengan inflasi tahun kalender sebelumnya yang tercatat sebesar -1,03% (ytd) per triwulan I-2015, inflasi tahun kalender pada triwulan I-2016 tercatat lebih tinggi dengan pencapaian sebesar -0,15% (ytd).

Perekonomian Maluku Utara pada triwulan II-2016 diperkirakan tumbuh meningkat dari triwulan laporan dan berada pada kisaran 5,4% - 6,1% (yoy) dengan kecenderungan bias ke atas. Dari sisi permintaan, permintaan domestik masih menjadi penggerak utama ekonomi Malut. Sementara itu, kegiatan ekspor diprediksi mengalami peningkatan sebagai efek lanjutan dari mulai beroperasinya smelter di Pulau Gebe dan adanya kenaikan produksi kopra.

Tags: Statistik Ekonomi & Keuangan Daerah; Moneter; Indeks Harga Konsumen

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel