Dimensi Kualitas - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
25 Maret 2017
DIMENSI KUALITAS
 
Dimensi Kualitas adalah dimensi yang digunakan untuk mengetahui apakah ketersediaan atribut produk dan jasa keuangan telah memenuhi kebutuhan pelanggan. Pengukuran terhadap dimensi ini masih sukar untuk dilakukan dan saat ini beberapa lembaga internasional yang concern dalam pengembangan keuangan inklusif sedang menyusun indikator dari dimensi kualitas beserta tools yang dipergunakan. Secara umum The Alliance for Financial Inclusion (AFI) telah menyepakati prinsip-prinsip yang dipergunakan dalam menyusun indikator dari dimensi kualitas, meliputi ringkas (conciseness), spesifik (specifity), sederhana (simplicity), adanya perbaikan (improvement), dan client perspective.
 
Pengukuran dimensi kualitas dapat didekati salah satunya melalui pengukuran tingkat financial literacy (melek keuangan). Bank Indonesia bekerja sama dengan Lembaga Demografi FEUI melakukan survei skor financial literacy pada tahun 2012. Skor financial literacy pada survei ini mengacu pada skor yang dibangun oleh OECD. Skor financial literacy dibangun dari 3 dimensi, yaitu pengetahuan keuangan, sikap terhadap keuangan dan perilaku keuangan yang kemudian diagregasi menjadi skor total untuk menggambarkan tingkat melek keuangan suatu negara.
 
dimensi_kualitas.png

 
 
Show Left Panel